Puan: Capres Potensial PDIP Bukan Hanya Jokowi

Puan: Capres Potensial PDIP Bukan Hanya Jokowi
Puan: Capres Potensial PDIP Bukan Hanya Jokowi

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menduduki posisi teratas di berbagai survei calon presiden. Meski begitu, sosok Jokowi hingga saat ini belum tentu menjadi capres resmi pilihan PDIP, untuk pemilu presiden 2014.

Hal tersebut disampaikan Ketua Fraksi PDIP Puan Maharani kemarin (27/8). Puan menyatakan, fenomena Jokowi sebagai kepala daerah memang menjadi sisi positif bagi PDIP. Namun, PDIP memiliki banyak stok kepala daerah yang juga berkualitas.

"Tidak hanya Jokowi, banyak kepala daerah PDIP muncul di daerah. Dia (Jokowi) salah satu potensi," ujar Puan di sela-sela sidang paripurna di gedung parlemen, Jakarta.

Puan menyatakan, tingkat elektabilitas Jokowi dalam bursa pencapresan memang terus naik. Puan menilai hal itu merupakan data yang patut diapresiasi. Namun, sebagai kader partai, Jokowi berkewajiban mengikuti aturan partai, termasuk dalam pencapresan.

Lalu siapa yang paling berpeluang menjadi capres dari PDIP? "Belum tahu dan belum tanya karena itu keputusan Ibu (Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Red)," ujarnya.

Agenda terdekat PDIP pada September ini adalah menggelar rapat kerja nasional (rakernas). Puan menyatakan, banyak agenda penting yang dibahas dalam rakernas. Meski begitu, Puan tidak bisa memastikan apakah agenda penentuan capres akan dibicarakan juga.

Puan mengatakan, PDIP belum memutuskan siapa capresnya karena harus menunggu pemilu legislatif dulu. Proses pencalonan PDIP bergantung pada hasil pemilu legislatif. "Bagaimana mau majukan capres kalau perolehan pemilu legislatif tidak cukup syarat," kata Puan.

Secara terpisah, Sekretaris Fraksi Partai Golkar Ade Komarudin tidak memusingkan rendahnya elektabilitas Aburizal Bakrie dalam berbagai survei. "Partai Golkar kalau dikatakan dapat survei bagus, tidak pernah bilang menang. Jadi, tidak perlu ge-er," ujar Ade.

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menduduki posisi teratas di berbagai survei calon presiden. Meski begitu, sosok Jokowi hingga saat ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News