Puan dkk Melontarkan Kritik kepada Jokowi, Jamiluddin Menilai cuma Basa-basi

Puan dkk Melontarkan Kritik kepada Jokowi, Jamiluddin Menilai cuma Basa-basi
Ketua DPR/Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dkk mulai kritis kepada pemerintahan Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga mengomentari kritik tajam yang dilontarkan politikus PDIP kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Para politikus itu di antaranya Ketua DPR Puan Maharani, Effendi Simbolon, dan Masinton Pasaribu

Menurut Jamiluddin, kritik sejumlah kader PDIP itu menimbulkan banyak spekulasi. Salah satunya, partai berlambang banteng moncong putih dinilai sudah tidak sejalan dengan Jokowi.

"Presiden Jokowi dikesankan lebih mendengarkan Luhut Binsar Panjaitan daripada Ketua Umumnya (PDIP, red) Megawati Soekarnoputri," kata Jamiluddin kepada JPNN.com, Jumat (6/8).

Penulis buku Perang Bush Memburu Osama itu menjelaskan, memang Effendi Simbolon kerap mengkritik Jokowi. Sikap kritis itu bahkan sudah diperlihatkan anggota Komisi I DPR itu sejak awal Jokowi menjadi presiden pada 2014.

Hal itu menurut Jamiluddin berbeda dengan Puan dan Masinton yang mengkritisi pemerintahan Jokowi belakangan ini saja.

"Kritik dua sosok ini terlihat sangat terukur yang diperkirakan tidak akan menggoyahkan, apalagi menjatuhkan pemerintahan Jokowi," ucap Jamiluddin.

Mantan dekan Fakultas Ilmu Komunikasi IISIP itu menegaskan, kritik Puan, Effendi, dan Masinton terhadap rezim Jokowi masih dalam rambu-rambu partai pendukung pemerintah.

Jamiluddin Ritonga sampaikan analisis tajam soal skap kritis Puan Maharani dkk kepada pemerintahan Jokowi terkait penanganan pandemi Covid-19.