Puan dkk Mulai Kritis kepada Jokowi, Adi Prayitno: Ini Tanda-tanda...

Puan dkk Mulai Kritis kepada Jokowi, Adi Prayitno: Ini Tanda-tanda...
Ketua DPR/Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dkk mulai kritis kepada pemerintahan Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Politik Adi Prayitno menanggapi aksi sejumlah politikus PDIP yang belakangan kerap mengkritik pemerintah terkait penanganan pandemi Covid-19.

Adapun politikus PDIP itu mulai Ketua DPR RI Puan Maharani, Effendi Simbolon dan Masinton Pasaribu.

Adi pun mengaitkan sikap yang demikian dengan soliditas antara Presiden Jokowi dengan internal partai pengusungnya, PDIP.

"Ini tanda-tanda, ya, semacam api-api kecil yang sudah muncul bahwa di internal koalisi Jokowi ini sudah mulai ada keretakan," kata Adi kepada JPNN.com, Rabu (4/8).

"Karena apa pun judulnya, tentu PDIP sebagai partai penguasa enggak mungkin mengkritik secara terbuka dan vulgar. Pasti ada persoalan komunikasi yang enggak selesai, terutama soal penanganan Covid-19," sambung Adi.

Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu menilai perlu ada perbaikan pola komunikasi antara presiden dengan para menteri guna meredam kritikan terkait penanganan Covid-19.

"Karena PDIP kalau sudah bereaksi, kalau sudah mengkritik secara terbuka, pasti ada sesuatu yang sudah dianggap extraordinary," ujar Adi.

Politikus PDIP Effendi Simbolon sebelumnya mengkritik pemerintahan Jokowi di dalam menanggulangi pandemi lantaran ogah menerapkan lockdown sejak awal guna menekan penularan Covid-19.

Pengamat Politik Adi Prayitno menganalisis sikap kritis politikus PDIP kepada pemerintahan Jokowi soal penanganan Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News