Puan Dorong Pemerintah Segera Menstabilkan Harga Kebutuhan Pokok

Puan Dorong Pemerintah Segera Menstabilkan Harga Kebutuhan Pokok
Ketua DPR RI Puan Maharani bersama para petani tebu. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah melakukan intervensi terhadap harga komoditas pangan yang terus mengalami kenaikan sejak jelang Iduladha.

Menurut Puan, harga komoditas pangan yang belum stabil cukup memberatkan masyarakat.

“Kami mendorong pemerintah untuk segera menstabilkan harga kebutuhan pokok. Tata kelola komoditas pangan harus diperbaiki untuk mengatasi harga-harga yang terus meroket, khususnya harga cabai dan bawang merah,” ungkap Puan, Selasa (12/7/2022).

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) terbaru, harga cabai rawit merah di pasar tradisional di Indonesia mencapai Rp 102 ribu/Kg. Bahkan di Jakarta, harga cabai rawit merah hari ini menembus Rp 160 ribu/Kg.

Tak hanya cabai, harga bawang merah juga masih mengalami kenaikan menjadi Rp 80 ribu/kg dari sebelumnya Rp 40 ribu/kg dan harga daging ayam ras terus meningkat mencapai Rp39.350/kg atau lebih dari Rp 50 ribu per ekornya.

Puan mengatakan harus ada upaya konkrit dari Pemerintah menjaga stabilitas harga pangan seusai Iduladha.

“Harga cabai, bawang merah, daging ayam sudah sebulan lebih naik terus,” kata Puan Maharani.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu mengaku dalam beberapa kesempatan ketika dirinya mengunjungi pasar-pasar tradisional di sejumlah daerah, pedagang dan pembeli mengeluhkan harga-harga yang masih tinggi.

Puan mendorong pemerintah segera menstabilkan harga kebutuhan pokok. Tata kelola komoditas pangan harus diperbaiki guna mengatasi harga-harga yang terus meroket

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News