Puan Harapkan LIPI Pelopori Upaya Wujudkan Trisakti

Puan Harapkan LIPI Pelopori Upaya Wujudkan Trisakti
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani saat membuka rapat kerja Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Jakarta, Rabu (11/3). Foto: Humas Kemenko PMK for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengharapkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bisa menjadi pionir dalam mewujudkan cita-cita Trisakti. Menurutnya, para peneliti LIPI hendaknya mampu menghasilkan karya nyata untuk menjadikan Indonesia yang berdaulat di bidang politik, berdikari soal ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Harapan itu disampaikan Puan saat membuka rapat kerja LIPI di Jakarta, Rabu (11/3). "Peneliti-peneliti Indonesia hendaknya menjadi motor penggerak dalam membangun Indonesia menjadi Indonesia yang berdaulat, berdikari dan berkepribadian," katanya.

Ia mengatakan, Indonesia untuk menjadi negara besar memang butuh  penelitian dan inovasi yang kuat. Karenanya pula, harus ada dukungan sumber daya penelitian yang kuat.

Namun demikian Puan juga mengakui adanya keterbatasan sumber daya manusia ataupun dukungan dana. Saat ini, lanjutnya, jumlah peneliti dan perekayasa Indonesia masih sangat minim jika dibandingkan negara-negara maju.

Di sisi lain,  tantangan bangsa ke depan tentang ketersediaan energi, pangan, kesehatan, lingkungan dan perubahan iklim juga harus diatasi. Karenanya Puan meminta LIPI mengembangkan desain besar riset jangka panjang hingga 20 tahun ke depan.

“Hal ini penting agar kegiatan riset dan inovasi lebih terarah, dan disinergikan juga dengan program pengembangan science and techno park, yang dikembangkan oleh perguruan tinggi yang ditugaskan sebagai center of excellence,” jelasnya.

Persoalan lain yang disinggung Puan adalah belum optimalnya penerapan hasil penelitian. Menurutnya, hal itu karena ada jarak antara peneliti dengan pengguna hasil riset. "Belum ada konsep yang efektif yang menjadi jembatan antara penyedia dan pengguna hasil riset,” ucapnya.

Namun demikian Puan menegaskan bahwa pemerintah berkomitmen untuk memfasilitasi para peneliti, termasuk dalam hal dukungan anggaran.  Menurutnya, hal itu penting agar Indonesia mampu  mengejar  negara-negara maju dalam hal penelitian dan pemanfaatannya.

JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengharapkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News