Puan Ingatkan Pentingnya Transparansi Dalam Penanganan COVID-19, Nova Setuju

Minggu, 13 Juni 2021 – 23:32 WIB
Puan Ingatkan Pentingnya Transparansi Dalam Penanganan COVID-19, Nova Setuju - JPNN.com
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Bureaucracy and Service Watch (IBSW) Nova Andika menyambut positif langkah Ketua DPR Puan Maharani, yang mengingatkan semua kepala daerah untuk terbuka terhadap kondisi penanganan pandemi COVID-19 di wilayah masing-masing.

Menurut Nova, transparansi data merupakan syarat mutlak yang diperlukan agar program penanganan COVID-19 berjalan sukses.

Nova juga menilai pernyataan Puan menunjukkan sensitivitas serta kepeduliannya terhadap persoalan yang tengah merongrong dan menyulitkan kehidupan masyarakat tersebut.

“Ketua DPR juga tidak hanya sekadar mengingatkan, namun membantu pihak eksekutif di Jawa Tengah agar vaksinasi berjalan dengan baik, sehingga imunitas kelompok terbentuk,” ujar Nova, dalam pernyataan, Minggu (13/6).

Nova juga memuji sikap Puan, karena menurutnya, sudah menjadi rahasia umum ada daerah yang menutupi data penduduk yang terpapar COVID-19.

“Sudah menjadi rahasia umum, di beberapa desa, warga yang meninggal karena Covid-19 dilaporkan meninggal karena sakit, agar desa tersebut tidak dimasukkan ke dalam zona merah. Tentu saja ini salah dan merugikan," katanya.

Nova mengingatkan, data kondisi riil dari tiap-tiap daerah sangat penting, karena akan memengaruhi data di tingkat nasional, serta berdampak langsung kepada kebijakan pemerintah pusat.

“Karena itu, sangat benar yang diingatkan Ketua DPR Puan Maharani, agar persoalan kondisi dan data ini dilaporkan secara transparan, tak perlu ditutupi agar solusi yang diambil pemerintah (pusat) tepat," katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...