Puan Jamin Pemerintah Tak Akan Berpangku Tangan dengan Bencana Asap

Puan Jamin Pemerintah Tak Akan Berpangku Tangan dengan Bencana Asap
Menteri Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, memberikan bantuan kepada korban terdampak asap di Kantor Pos Kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Kamis (29/10). Peninjauan ke Kantor Pos Kayu Agung juga untuk berdialog dengan warga sekaligus membagikan kartu-kartu program, antara lain Kartu Indonesia Sehat dan Program Keluarga Harapan, serta membagikan beras dan santunan uang duka bagi korban asap sebesar Rp 15 juta per korban yang meninggal. Foto: PMK for JPNN.com

jpnn.com - PALEMBANG - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani kembali menegaskan bahwa pemerintah tak mungkin berpangku tangan di saat rakyatnya dilanda bencana, seperti kabut asap yang terjadi di berbagai pelosok Tanah Air.

Puan mengatakan, pemerintah terus mengalirkan berbagai bantuan, baik sosial dan program-program bencana untuk menjamin kelangsungan hidup masyarakat yang terdampak bencana asap.

"Selain terus menerus melakukan pemadaman, saya sejak lama telah menginstruksikan kepada sejumlah menteri di bawah Kementerian PMK untuk menyediakan bantuan jaminan hidup bagi masyarakat. Karena ini sangat penting," ujar Puan di Ogan Komering Ilir, Palembang, Kamis (29/10).

Puan sengaja terbang dari Amerika Serikat ke Palembang, untuk memantau langsung dampak sosial yang dialami masyarakat di sana. Puan hadir mendampingi Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri lainnya di Kabinet Kerja.

Beberapa bulan lalu, kementerian yang dipimpinnya sudah mengeluarkan instruksi kepada beberapa menteri di bawah PMK untuk mengambil tindakan dan upaya agar masyarakat yang terkena bencana asap tidak sengsara dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

"Atas dampak bencana asap ini sekarang masalahnya merembet ke masalah sosial, antara lain kesehatan dan pendidikan di lima provinsi di Indonesia," ujar Puan. 

Puan mengatakan, dirinya sudah meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan memerhatikan pelajar yang sekolahnya terkena dampak asap, sehingga kegiatan belajar mengajar terganggu.

Puan juga sudah menginstruksikan Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa untuk segera menyalurkan program sosial. "Kementerian Sosial menyiapkan shelter-shelter bantuan jaminan hidup untuk masyarakat," ujarnya.

PALEMBANG - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani kembali menegaskan bahwa pemerintah tak mungkin berpangku

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News