Puan Maharani Bicara Tentang Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan di Forum P20

Puan Maharani Bicara Tentang Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan di Forum P20
Puan Maharani berbicara tentang kesetaraan gender hingga pemberdayaan perempuan ketika memimpin diskusi P20. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Ketua DPR RI Puan Maharani berbicara tentang kesetaraan gender hingga pemberdayaan perempuan ketika memimpin diskusi P20 tentang ‘Inklusi Sosial, Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan' di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (7/10). 

“Upaya ini harus tercermin dalam setiap proses pengambilan keputusan dalam struktur sosial, politik, dan ekonomi masyarakat,” kata dia dalam keterangan persnya, Jumat. 

Eks Menko PMK itu mengatakan konflik geopolitik telah memukul mundur berbagai kemajuan dalam bidang kesetaraan gender. 

Menurut Puan, banyak perempuan terhalang dari partisipasi politik, akses ekonomi dan pendidikan, hingga jaminan keamanan dan kesehatan. 

“Oleh karena itu, peran penting perempuan sebagai ‘agen perubahan’ di bidang ekonomi, sosial dan budaya perlu terus diupayakan,” tegasnya. 

Puan mengatakan bahwa pendidikan menjadi pintu pertama peningkatan literasi, keterampilan dan keahlian, partisipasi politik, kesadaran terhadap kesehatan, hingga urusan kesetaraan gender. 

Selain itu, kata Puan, pendidikan sangat berperan terhadap penghapusan diskriminasi terhadap perempuan

“Di samping itu, salah satu hal paling utama adalah kepemimpinan dan peran perempuan dalam pengambilan keputusan yang perlu terus didorong,” ungkapnya.

Puan Maharani berbicara tentang kesetaraan gender hingga pemberdayaan perempuan ketika memimpin diskusi P20.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News