Puan Maharani Canangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Bantul

Puan Maharani Canangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Bantul
Menko PMK Puan Mahrani di sela pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Bantul, Selasa (15/11). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - BANTUL - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani mengatakan berbagai masalah kesehatan di tengah masyarakat bermula dari perilaku hidup sehari-hari yang kurang sehat, diiringi oleh sanitasi yang kurang baik dan kurangnya ketersediaan air bersih.

Mbak Puan mengungkap hal tersebut dalam acara pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Desa Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Selasa (15/11).

Di sela acara, Menko PMK juga menyampaikan salam serta maaf dari Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir dalam acara ini. 
 
Puan mengatakan, perilaku keseharian yang tidak sehat itu sebenarnya bisa dicegah bila upaya kesehatan diutamakan pada upaya preventif dan promotif dalam menumbuhkembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. 

Perilaku yang sebenarnya sudah ada di masyarakat, akan tetapi perlu semakin luas praktiknya di kalangan keluarga dan masyarakat. 

“Mari budayakan hidup sehat dengan mulai melakukan langkah kecil melalui perubahan pola hidup yang lebih sehat, sebuah langkah kecil seperti menjaga kebersihan rumah, cuci tangan sebelum makan, ketersediaan air bersih, makan sayur yang cukup, olahraga, tidur yang cukup, dan menjauhkan anak-anak dari rokok. Langkah tersebut akan berdampak luar biasa bagi keluarga kita dalam jangka panjang yang berarti kita juga telah membantu Pemerintah dalam membangun kualitas hidup manusia Indonesia yang sehat dan sejahtera,” imbau Menko PMK.

Jika masyarakat sudah mampu menerapkan hidup yang bersih dan sehat, lanjut Puan, secara tidak langsung tentunya juga turut menumbuhkan nilai-nilai Revolusi Mental yang siap untuk mengubah cara pandang, cara pikir dan cara kerja. 

Terlebih memang nilai strategis Revolusi Mental salah satunya adalah menciptakan Indonesia yang bersih. "Harapan dari Germas ini adalah agar tercipta masyarakat yang tidak gemar ke rumah sakit karena sakit, tetapi masyarakat yang sehat karena sudah menerapkan gaya hidup sehat dan bersih," tutur Puan.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI dalam rangka penguatan paradigma pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

BANTUL - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani mengatakan berbagai masalah kesehatan di tengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News