Puan Maharani cs Kerap Kritik Jokowi Soal Penanganan Covid-19, Ada Kecemburuan Politik?

Puan Maharani cs Kerap Kritik Jokowi Soal Penanganan Covid-19, Ada Kecemburuan Politik?
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: ANTARA/HO-DPR RI/aa

Pengamat politik Adi Prayitno menduga ada komunikasi yang tidak berjalan baik antara pemerintah pusat dengan partai koalisi, khususnya PDIP terkait penanganan Covid-19.

Akibatnya Jokowi terus mendapat kritikan dari sejumlah politikus PDIP, seperti Puan Maharani, Effendi Simbolon, dan Masinton Pasaribu.

"Seperti, persoalan penanganan pandemi ini hanya selesai di presiden dan menteri-menteri tertentu atau keseluruhan menteri dalam pengambilan kebijakan," kata Adi kepada JPNN.com, Rabu (4/8).

"Ini pasti tidak melibatkan partai koalisi secara keseluruhan. Misalnya, melibatkan ketua umum dan sekjen-sekjen," sambung Adi.

Adi menyarankan kepada Presiden Jokowi agar melibatkan partai koalisi, termasuk PDIP dalam hal penanganan Covid-19 yang sifatnya darurat.

"Tentu PDIP perlu dong menteri-menterinya ini juga ditunjuk dan dipercaya bukan hanya orang yang itu-itu saja. Ini bisa menimbulkan kecemburuan secara politik," ujar Adi.

Politikus PDI Perjuangan Effendi Simbolon sebelumnya mengkritik pemerintah di dalam menanggulangi pandemi lantaran ogah menerapkan lockdown sejak awal guna menekan penularan Covid-19.

Menurut dia, angka penularan virus Corona bisa dikendalikan dengan cara melakukan lockdown. Hal itu menurut dia berdasarkan sifat dari pandemik yang bermutasi melalui orang.

Pengamat politik Adi Prayitno menduga ada komunikasi yang tidak berjalan baik antara pemerintah pusat dengan partai koalisi, khususnya PDIP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News