Puan Maharani: Satu Kementerian Cuma Bermitra dengan 1 Komisi

Puan Maharani: Satu Kementerian Cuma Bermitra dengan 1 Komisi
Ketua DPR RI Puan Maharani (tengah). Foto: M. Kusdharmadi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani memastikan satu kementerian hanya akan bermitra dengan satu komisi. Hal ini dilakukan supaya komisi di DPR lebih fokus mengawasi kinerja kementerian yang menjadi mitranya. 

"Alhamdulillah, kami berhasil menyusun satu kementerian bermitra dengan satu komisi sehingga nantinya komisi lebih fokus melakukan pengawasan terhadap kinerja kementerian," ujar Puan, Selasa (29/10).

Puan mencontohkan pada periode kali ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hanya dibahas di Komisi IV DPR. Semula, KLHK dibahas di Komisi IV dan Komisi VII DPR. "Sehingga sering lempar tanggung jawab, butuh energi dan waktu untuk koordinasi," jelasnya.

Puan berharap dengan satu kementerian hanya bermitra kerja dengan satu komisi tersebut, bisa membuat DPR memaksimalkan fungsi pengawasannya. 

Kesepakatan komisi bermitra dengan satu kementerian tercapai dalam Rapat Konsultasi DPR Pengganti Bamus yang dihadiri pimpinan DPR dan seluruh pimpinan fraksi, Senin (28/10). 

Kesepakatan ini akan disahkan dalam Rapat Paripurna Ke IV DPR, Selasa (29/10) siang. Rapat Paripurna sekaligus akan mengesahkan sebelas Komisi DPR beserta ruang lingkup dan tugasnya. (boy/jpnn)

Puan Maharani mencontohkan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hanya dibahas di Komisi IV DPR.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News