JPNN.com

Borong, PDI Perjuangan Pimpin Tiga Komisi dan Banggar di Parlemen

Jumat, 18 Oktober 2019 – 23:13 WIB Borong, PDI Perjuangan Pimpin Tiga Komisi dan Banggar di Parlemen - JPNN.com
Ketua DPR Puan Maharani. Foto: M. Kusdharmadi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pimpinan DPR dan sembilan pemimpin fraksi merampungkan pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD), Jumat (18/10).

Jumlah dan komposisi yang telah disepakati itu akan dibawa dalam Rapat Paripurna DPR, Selasa 22 Oktober 2019.

“Alhamdulillah hari ini terbentuk alat kelengkapan dewan melalui musyawarah mufakat. Ini awal yang baik bagi DPR periode ini karena tidak sampai tiga pekan alat kelengkapan dewan sudah terbentuk,” kata Ketua DPR Puan Maharani.

Putri Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri mengatakan ini tentu merupakan sebuah kemajuan mengingat pada periode sebelumnya AKD baru terbentuk setelah enam bulan pelantikan. 

“Saya berharap dengan terbentuknya alat kelengkapan dewan ini, DPR segera bekerja  untuk memenuhi aspirasi masyarakat,” ujarnya.

Dalam rapat konsultasi pengganti Badan Musyawarah (Bamus) itu disepakati pembentukan 11 komisi, dan enam badan. Setiap komisi terdiri satu ketua dan empat wakil.  

Total ada 17 ketua komisi dan badan, serta 66 wakil ketuanya.  “Semua fraksi sudah sepakat dan tinggal ketok palu pada sidang paripurna pertama yang insyaallah akan berlangsung hari Selasa depan,” jelas Puan.

Lebih jauh cucu Proklamator RI Bung Karno ini mengatakan bahwa pembentukan AKD yang disepakati seluruh fraksi ini merupakan wujud dari prinsip gotong royong dalam kepemimpinannya di DPR.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...