Puan Maharani Soroti Upah Rendah Pekerja Muda di Rapat Young Parliamentarians of AIPA

Puan Maharani Soroti Upah Rendah Pekerja Muda di Rapat Young Parliamentarians of AIPA
Ketua DPR RI sekaligus Presiden ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) ke-44 Puan Maharani saat menghadiri Rapat 'Young Parliamentarians of AIPA' (YPA), Selasa (8/8). Foto: Dokumentasi Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menyoroti upah rendah bagi pekerja muda saat membuka rapat Young Parliamentarians of AIPA' (YPA), Selasa (8/8).

Acara yang berlangsung di Hotel Fairmont, Jakarta itu merupakan rangkaian dalam sidang ke-44 ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA).

Puan yang juga Presiden AIPA ke-44 itu mengungkapkan sejumlah tantangan yang dihadapi kalangan muda saat ini, mulai dari paritisipasi politik, kepemimpinan digital hingga banyaknya kaum muda yang mendapat rendah dalam pekerjaan.

Puan menyebut pemuda harus didorong untuk menjunjung tinggi nilai demokrasi, supremasi hukum, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia (HAM).

“Partisipasi aktif pemuda dalam mempertahankan proses demokrasi sangat penting untuk kelanjutan kemajuan kawasan kita," ujar Puan dalam keterangannya.

Dalam kesempatan itu, Puan mendorong kaum muda untuk berpartisipasi dalam masyarakat sipil dapat membantu suara mereka didengar dan keinginan mereka ditindaklanjuti.

Dia mengatakan AIPA bekerja sama dengan parlemen nasional dapat berupaya meningkatkan kesadaran, memperkuat penerapan nilai-nilai demokrasi, dan melindungi HAM di dalam ASEAN.

Menurutnya, memberdayakan kaum muda untuk berpartisipasi dalam proses politik dapat membangun demokrasi yang lebih inklusif dan representatif.

“Kita juga harus mencari cara untuk mendorong partisipasi dan keterlibatan kaum muda yang lebih bermakna dalam proses pembuatan kebijakan publik di ASEAN,” kata Puan.

Puan meyakini pertemuan YPA ini akan menghasilkan diskusi yang bermanfaat dan solusi inovatif untuk tantangan yang ada.

Ketua DPR RI sekaligus Presiden AIPA ke-44 Puan Maharani menyoroti upah rendah bagi pekerja muda di Rapat Young Parliamentarians of AIPA, simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News