Puan Minta Pemerintah Bentuk Tim Penanggulangan Corona

Puan Minta Pemerintah Bentuk Tim Penanggulangan Corona
Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengimbau keselamatan dan kesehatan warga negara adalah yang utama. Karenanya pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus corona harus menjadi prioritas sebelum berbicara tentang dampak ekonomi dan lain-lain terkait wabah Covid-19 ini.

Puan juga mendesak pemerintah segera melakukan penanganan wabah virus corona secara terpusat agar terkoordinasi, terpadu, dan terintegrasi. Penyelenggaraan penanggulangan wabah dapat diserahkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atau kelembagaan lain yang efektif sesuai aturan perundang-undangan.

Menurut Puan, adanya tim penanggulangan wabah secara nasional ini penting untuk menjamin kehadiran negara dalam penanggulangan penyebaran virus corona. Dengan adanya penanganan terpusat itu masyarakat yakin Indonesia selalu waspada, siaga, dan serius dalam menangani virus corona.

"Tim ini bekerja 24 jam nonstop, 7 hari dalam sepekan," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/3).

Ia menjelaskan, tim penanggulangan virus corona nanti harus mengoordinasikan langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan secara nasional. Hal ini untuk memastikan protokol pencegahan dan penanggulangan berjalan sesuai standar operasional prosedur (SOP) penanganan epidemi Covid-19.

"Pemerintah segera mengambil tindakan proaktif dalam rangka pencegahan dan penindakan dengan mendatangi warga, komunitas atau kelompok-kelompok yang rentan terpapar virus korona dengan melakukan tes medis," ujar Puan.

Ia juga berharap pemerintah mengambil langkah-langkah transparan dengan terus memperbarui informasi tentang kasus, tindakan penanganan serta sosialisasi tentang pencegahan menggunakan seluruh platform media agar masyarakat tidak termakan kabar hoaks tentang kasus corona. "Pemerintah juga harus melindungi identitas pasien virus corona," ujarnya.

Puan juga mengingatkan pemerintah segera meningkatkan disiplin penjagaan pintu-pintu masuk dari dan ke luar negeri baik di darat, laut, dan udara dan sewaktu-waktu bisa menutupnya bila diperlukan demi kepentingan pencegahan wabah.

Puan berharap pemerintah mengambil langkah-langkah transparan dengan terus memperbarui informasi tentang kasus, tindakan penanganan serta sosialisasi pencegahan menggunakan seluruh platform media.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News