Puan: Semangat Gotong Royong Membuat Indonesia Mampu Hadapi Covid-19

Puan: Semangat Gotong Royong Membuat Indonesia Mampu Hadapi Covid-19
Ketua DPR Puan Maharani (tengah) berpidato pada Sidang Bersama DPR dan DPD di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat (14/8). Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan saat ini bangsa Indonesia sedang mengatasi pandemi Covid-19 yang telah berdampak luas terhadap seluruh sendi kehidupan rakyat dan penyelenggaraan negara.

“Pandemi tersebut memberikan ancaman yang sangat serius terhadap keselamatan rakyat, perekonomian negara dan rumah tangga, serta kesejahteraan rakyat,” kata Puan saat pidato dalam Sidang DPR dan DPD di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8).

Puan menjelaskan sampai 13 Agustus 2020, terdapat 127.083 kasus Covid-19 yang tersebar di 34 provinsi dan 480 kabupaten/kota.

Jumlah dinyatakan sembuh sebanyak 82.236 orang, dan meninggal dunia 5.765 jiwa.

Politikus PDI Perjuangan itu menambahkan pada sektor perekonomian, sumber-sumber pertumbuhan ekonomi nasional mengalami kontraksi.

Pada Kuartal II-2020, pertumbuhan ekonomi -5,32 persen year on year.

Semua sektor dan lapangan usaha rakyat terganggu.

Hal ini mengakibatkan berkurangnya pendapatan, meningkatnya pengangguran, angka kemiskinan, dan menurunnya derajat kesejahteraan rakyat secara luas.

Ketua DPR Puan Maharani menyatakan semangat gotong royong telah membuat Indonesia mampu menghadapi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News