PUAS! Menteri Desa Mendapat Sanjungan

PUAS! Menteri Desa Mendapat Sanjungan
Marwan Jafar. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Indo Barometer M Kodari menilai, kinerja Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) M Kodari cukup memuaskan. 

Hal tersebut paling tidak terlihat dari hasil survei yang dilakukan beberapa waktu lalu. Sebanyak 72 persen masyarakat pedesaan mengaku merasa puas dengan kinerja pemerintahan saat ini. Sedang masyarakat perkotaan, 60 persen menyatakan puas. 

"Nah, menteri yang kerja di desa ini siapa. Ya Menteri Desa (Marwan Jafar). Salah satu kementerian yang menjadi ujung tombak pemerintah memang kementerian desa. Karena jelas-jelas disebutkan dalam nawacita, yang menunjukkan pentingnya kementerian ini. Jadi meski kementerian baru, tapi sudah bisa lari mengalahkan kementerian yang lebih dulu ada,” ujar Kodari, Jumat (26/2).

Kodari juga mengapresiasi langkah Kementerian DPDTT yang telah melahirkan buku "Kebangkitan Desa". Menurutnya, buku tersebut bukti rekaman dan dokumen, bahwa era Pemerintahan Joko Widodo memiliki paradigma baru dalam membangun Indonesia.

“Kebangkitan desa adalah kebangkitan bangsa, dan kebangkitan sudah tentu adalah kebangkitan Indonesia. Dan Ini adalah kementerian pertama yang mendokumentasikan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Peneliti Senior SMRC Sirajuddin Abbas mengucapkan selamat atas diluncurkannya buku Kebangkitan Desa, yang dilaksanakan Kamis (25/2) kemarin. Menurutnya, buku tersebut menjelaskan proses panjang yang bertahap dan berliku untuk mewujudkan kelembagaan, ide dan eksperimen baru.

“Undang-Undang Desa adalah usaha yang demikian keras untuk Indonesia. Bahwa model pembangunan desa yakni desa membangun, betul-betul dimunculkan sebagai usaha kolektif pemerintah melalui desa,” ujar Sirajuddin.

Menurutnya, kebangkitan desa sebagaimana tertuang dalam judul buku tersebut, adalah ungkapan dari cita-cita Kementerian DPDTT.(gir/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News