JPNN.com

Puasa Ramadan Hari Pertama, Ini Menu Berbuka yang Bisa Anda Pilih

Senin, 06 Mei 2019 – 17:02 WIB Puasa Ramadan Hari Pertama, Ini Menu Berbuka yang Bisa Anda Pilih - JPNN.com

jpnn.com - Bulan Ramadan tiba. Seluruh umat muslim di dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa, menahan haus dan lapar dari sebelum terbit fajar hingga waktu magrib tiba. Menjalankan ibadah puasa Ramadan memberikan tantangan tersendiri, apalagi bila orang yang melakukannya belum terbiasa.

Nah, agar puasa yang Anda jalankan lebih bermakna dan bermanfaat sehat, sajian menu buka puasa haruslah sehat. Berikut beberapa pilihan menu berbuka puasa yang bisa Anda sajikan:

1. Kurma

Berdasarkan penjelasan dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter, kurma adalah salah satu pilihan menu terbaik yang bisa Anda santap saat berbuka puasa. Ini karena kurma mengandung beragam zat gizi yang mampu memulihkan energi setelah habis digunakan untuk menahan haus dan lapar seharian.

“Kurma juga bisa melancarkan buang air besar, menangkal radikal bebas, menurunkan risiko stroke dan jantung koroner, serta menunjang fungsi tubuh bagian dalam,” tutur dr. Kartika.

2. Semangka

Melansir Livestrong, semangka adalah pilihan makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Ini karena buah yang umumnya berdaging merah itu dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa, juga mudah dicerna oleh usus.

Tak hanya itu, semangka juga dapat membantu menstabilkan kadar elektrolit dan tekanan darah. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi semangka segar, yang tidak diolah dengan campuran bahan apa pun.

3. Daging tanpa lemak

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...