Publik Dukung Erick Thohir Jalankan Perintah Jokowi Pisahkan Olahraga & Politik

Publik Dukung Erick Thohir Jalankan Perintah Jokowi Pisahkan Olahraga & Politik
Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mayoritas masyarakat Indonesia mendukung upaya sikap Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang menjalankan perintah Presiden Jokowi untuk tidak mencampuradukkan antara politik dan olahraga terkait kehadiran Israel dalam Piala Dunia U-20.

Hal itu terungkap dalam survei Lembaga Survei Indonesia yang dirilis pada Minggu (9/4/2023).

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan mengatakan salah satu pertanyaan yang diajukan kepada responden adalah apakah mereka setuju dengan pernyataan Presiden Jokowi agar tidak mencampuradukkan urusan politik dengan olahraga.

Hasilnya, 79,6 persen responden mengatakan setuju, 12 persen kurang/tidak setuju, dan sisa 8,3 persen tidak menjawab.

Karena itu, sebanyak 71,3 persen responden tidak mempersoalkan kehadiran Israel seandainya Piala Dunia U-20 jadi digelar di Indonesia, 27,5 persen menolak, dan 1,2 persen tidak menjawab.

Tiga besar alasan responden yang tidak menolak kehadiran Israel mayoritas menganggap urusan sepakbola tidak ada kaitan dengan politik (52,3 persen), demi kemajuan sepak bola nasional (8,6 persen), dan karena momen penting Indonesia sebagai tuan rumah (7,6 persen).

Sedangkan bagi yang menolak, tiga besar alasannya karena Israel menjajah Palestina (32,2 persen), tidak suka dengan Israel (16,8 persen) dan karena konstitusi menolak segala bentuk penjajahan (16,2 persen).

"Jadi, penolakan kehadiran Israel dianggap salah satu alasan utama batalnya Piala Dunia U-20," kata Djayadi.

Mayoritas masyarakat mendukung upaya sikap Erick Thohir yang menjalankan perintah Presiden Jokowi untuk tidak mencampuradukkan antara politik dan olahraga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News