Publik Harus Awasi Kiprah Ormas

Publik Harus Awasi Kiprah Ormas
Publik Harus Awasi Kiprah Ormas
JAKARTA - Kepala Subdit Ormas Ditjen Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri (Kesbangpol Kemendagri), Bahtiar, mengimbau masyarakat luas untuk giat melakukan kontrol sosial terhadap kiprah ormas.

Bahtiar mengatakan, industrialisasi ormas/LSM yang diproduksi secara massa tanpa kontrol sosial, yang dibiayai secara monopoli oleh orang/kelompok tertentu baik dari dalam negeri maupun oleh orang/lembaga asing, cenderung menggeser fungsi ormas.

Fungsi ormas yang semula merupakan gerakan kemanusiaan nirlaba, wadah kedermawaan sosial tanpa pamrih, kata Bahtiar, berubah menjadi sarana mencari keuntungan atau laba tanpa disertai akuntabilitas publik.

"Dan industri ormas/LSM yang bebas sebebas-bebasnya, yang tercerabut dari akar budaya masyarakat Indonesia mengarah pada monopoli, oligarkhi, dan tirani ormas/LSM di ruang publik," ujar Bahtiar kepada wartawan di Jakarta, Minggu (16/6).

JAKARTA - Kepala Subdit Ormas Ditjen Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri (Kesbangpol Kemendagri), Bahtiar, mengimbau masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News