Publik 'Hukum' Hasil Survei

Publik 'Hukum' Hasil Survei
Publik 'Hukum' Hasil Survei
JAKARTA - Sampai sehari sebelum pemungutan suara, semua lembaga survei yang merilis hasil surveinya menjagokan incumbent Fauzi Bowo (Foke) sebagai pemenang. Bahkan, ada yang menyebut Foke akan menang dalam satu putaran.

Namun, perkembangan yang ditunjukkan perhitungan cepat (quick count) menunjukkan hasil yang bertolak belakang. Jokowi yang dalam berbagai hasil survei selama ini selalu menjadi runner-up justru unggul.

Peneliti senior dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanuddin Muhtadi punya penjelasan. Perlu diketahui, LSI "Lembaga" tidak pernah ikut merilis hasil survei terkait dengan pilgub DKI Jakarta. "Asumsi survei itu untuk tingkat partisipasi 100 persen. Padahal, pada hari H tidak mungkin 100 persen yang disurvei itu datang ke TPS. Itu kalau saya membaca dari perspektif lembaga survei dan orang yang tahu survei," kata Burhan kemarin (11/7).

Dia mengilustrasikan, bisa jadi seorang responden yang saat diwawancarai lembaga survei menyatakan akan memilih Foke justru tidak hadir saat pencoblosan. "Kalau lembaga surveinya yang ngaco, mengapa sampai berjamaah," ujarnya, lantas tertawa.

JAKARTA - Sampai sehari sebelum pemungutan suara, semua lembaga survei yang merilis hasil surveinya menjagokan incumbent Fauzi Bowo (Foke) sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News