Pujian Gubernur Anies untuk Para Perempuan Pemberani

Pujian Gubernur Anies untuk Para Perempuan Pemberani
Anies Baswedan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara peringatan Hari Kartini di Silang Monas, Rabu (25/4). Peringatan Hari Kartini itu juga diikuti apel para perempuan yang tergabung dalam TNI dan Polri.

Anies dalam kesempatan itu mengapresiasi para perempuan yang bertugas di TNI dan kepolisian. Menurutnya, pengabdian perempuan dalam dua institusi itu tidak bisa diremehkan.

"Yang menarik juga di acara pagi hari ini adalah pemilihan tema. Dipilih tema, seorang laksamana perempuan Malahayati sekitar abad ke-16 itu menjadi salah satu laksamana perempuan pertama dan mungkin satu-satunya pada masa itu," kata Anies.

Anies menambahkan, Malahayati menjadi gambaran bahwa perempuan sejak lama tidak hanya berperan untuk kegiatan sosial, melainkan juga pertahanan. Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu menyebut pengorbanan para perempuan Indonesia bisa menjadi inspirasi.

"Saya harap ini menjadi bahan cerita untuk anak-anak kami, mudah-mudahan ada yang mau membuat film yang menginspirasi bagi generasi baru kami. Bahwa perjuangan bukan hanya pada kaum laki-laki, tapi tradisi perjuangan juga ada pada kaum perempuan dan yang menarik mereka akan meneruskan tradisi itu pada anak-anaknya," kata Anies.(tan/jpnn) 


Gubernur Anies mengapresiasi para perempuan yang bertugas di TNI dan kepolisian. Menurutnya, pengabdian perempuan dalam dua institusi itu tidak bisa diremehkan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News