Pujian Jokowi Kepada Airlangga Soal Prakerja Dinilai Cukup Beralasan

Pujian Jokowi Kepada Airlangga Soal Prakerja Dinilai Cukup Beralasan
Dokumentasi - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Presiden Jokowi di Istana Negara (dua di tengah). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet menanggapi pujian Presiden Joko Widodo kepada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, terkait program kartu prakerja.

Sebelumnya, Jokowi secara khusus memuji kinerja Airlangga sebagai salah satu motor penggerak keberhasilan program Kartu Prakerja.

Kartu prakerja berhasil menjadi salah satu program pemerintah yang bisa menjadi bantalan sementara bagi kelompok masyarakat, yang terdampak pandemi.

"Program ini setidaknya memberikan insentif bagi mereka yang membutuhkan agar mereka bisa terjaga daya belinya di tengah penurunan aktivitas perekonomian selama pandemi," ujar Yusuf, Selasa (21/6).

Di sisi lain kartu prakerja juga menjadi semacam bantuan bagi mereka yang ingin membuka usaha sementara.

Demi mendapatkan penghasilan ataupun pendapatan selama periode pandemi.

Beberapa survei yang dilakukan oleh lembaga, baik lembaga pemerintah maupun lembaga penelitian, menunjukkan ada dampak positif yang diberikan oleh program kartu prakerja.

Terutama sekali lagi untuk menjaga daya beli mereka sementara

Jokowi secara khusus memuji kinerja Airlangga sebagai salah satu motor penggerak keberhasilan program Kartu Prakerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News