Pujian Menteri Amran untuk Kopi Jantan Khas Toraja

Pujian Menteri Amran untuk Kopi Jantan Khas Toraja
Mentan Amran Sulaiman mengagumi produk kemasan Kopi Toraja. Foto: Ken Girsang/JPNN.com

jpnn.com, GORONTALO - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sempat menyinggung produk kopi jantan khas Toraja saat berkunjung ke Gorontalo. Menurut Amran, kopi tersebut dikembangkan oleh penduduk Dusun Malaleo, Lembang Gandangbatu, Kecamatan Gandangbatu Sillanan, Toraja. 

Amran mengatakan, Gorontalo yang memiliki produk pertanian andalan seperti jagung dan kelapa harus melakukan inovasi seperti Toraja. Hal itu untuk memastikan kejayaan rempah-rempah kembali ke Indonesia. 

"Kopi jantan toraja itu bagus. Saya tidak menyangka di dalam pedesaan ada temuan seperti itu," kata Amran di sela-sela kunjungannya di Gorontalo, Sabtu (5/5).

Amran menambahkan, dulu Indonesia kaya akan rempah-rempah. Bahkan, kopi Indonesia dikenal dunia.

Dia juga memuji manfaat kopi jantan toraja. "Kopi jantan kita luar biasa, setelah minum cari isteri masing-masing," ujarnya tersenyum. 

Amran menambahkan, Kementan akan membantu upaya mematenkan kopi jantan toraja. Saat berkunjung ke Toraja beberapa waktu lalu, Amran juga menyerahkan bantuan kepada petani kopi setempat.

Bantuan ke para petani setempat adalah alat pembuat kemasan dan label kopi senilai Rp 10 miliar. Bantuan itu untuk Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.(tan/jpnn) 


Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memuji kopi jantan toraja. Menurutnya, kopi jantan toraja berkhasiat bagi pria yang meminumnya.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News