Sabtu, 24 Agustus 2019 – 11:32 WIB

Pujian Presiden Jokowi buat Kiprah DPD RI

Jumat, 16 Agustus 2019 – 16:36 WIB
Pujian Presiden Jokowi buat Kiprah DPD RI - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyinggung peran Dewan Perwakilan Daerah (DPD) saat menyampaikan pidato kenegaraan daam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8). Kepala negara yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu mengapresiasi peran DPD yang kini di bawah kepemimpinan Oesman Sapta Odang alias OSO tersebut.

Jokowi menjelaskan, daerah-daerah merupakan pilar penting NKRI. Menurutnya, DPD sebagai representasi daerah terus bekerja menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"DPD juga telah menjadi ujung tombak dalam menjaga dan merevitalisasi nilai-nilai kearifan lokal," kata Jokowi.

BACA JUGA: Ucapan Terima Kasih Fahri Hamzah untuk Presiden Jokowi 

Selama setahun terakhir, kata Jokowi, DPD telah menghasilkan produk legislasi yang terkait dengan kewenangan konstitusionalnya. Di antaranya adalah tujuh rancangan undang-undang (RUU) usul inisiatif DPD, enam pandangan terhadap RUU, empat pertimbangan atas RUU, serta sepuluh hasil pengawasan lembaga para senator itu atas pelaksanaan UU.

"Saya mengapresiasi respons cepat DPD dalam menyikapi tantangan mendesak yang dihadapi oleh daerah, seperti tantangan kedaulatan pangan, penataan hak ulayat dan masyarakat hukum adat, pemanfaatan energi terbarukan, dan pengembangan UMKM," papar Jokowi.

Mantan gubernur DKI itu menambahkan, DPD memberikan masukan kepada pemerintah terkait skema dana alokasi umum (DAU), dano alokasi khusus (DAK) dan dana bagi hasil (DBH) agar desentralisasi fiskal membawa rasa adil dan menjadi solusi mendasar bagi persoalan yang dihadapi daerah.

Jokowi juga menyinggung peran represntasi DPD yang secara aktif mengawasi pengawasan pelaksanaan Pemilu 2019 dan Pilkada 2018. DPD juga menerima aspirasi masyarakat dan daerah berkaitan dengan implementasi UU tentang Desa.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar