Pulang Haji, Mengapa Masih Batuk?

Pulang Haji, Mengapa Masih Batuk?
Pulang Haji, Mengapa Masih Batuk?
JAKARTA -- Saat ini sebagian besar jamaah haji Indonesia yang berjumlah 221.000-an jamaah secara bertahap kembali ke tanah air. Selain berbagai oleh-oleh yang dibawa, sebagian besar dari para jamaah haji ini juga mengalami batuk.

"Pengalaman saya menjadi tim haji baik Rombongan Haji Reguler maupun Haji khusus (ONH plus) mendapatkan hampir 80 % jamaah akan mengalami batuk pada waktu di tanah suci. Bahkan batuk tersebut terbawa juga sampai ke tanah air. Bahkan ada joke diantara para jamaah hanya unta yang tidak batuk," ujar Praktisi Klinis, Ari Fahrial Syam, dalam keterangn persnya yang diterima JPNN, Rabu (16/11).

.

Mengapa para jamaah tersebut mengalami batuk dan bahkan batuk tersebut terbawa sampai tanah air. Menurut dokter yang dekat dengan kalangan jurnalis itu, batuk dapat terjadi karena adanya rangsangan  pada saluran kita. Batuk juga bisa merupakan upaya tubuh untuk mengeluarkan sesuatu yang mengganggu saluran pernafasan kita. Batuk yang terjadi bisa batuk produktif dengan banyak lendir atau dahak. Batuk bisa tanpa dahak atau batuk kering.

Dikatakan, batuk yang terjadi juga bisa saja karena memang jamaah tersebut sudah mempunyai permasalahan pada paru sebelumnya misal berupa Bronkitis, sinusitis atau  Asma bronkiale yang memburuk saat berada di tanah suci.

JAKARTA -- Saat ini sebagian besar jamaah haji Indonesia yang berjumlah 221.000-an jamaah secara bertahap kembali ke tanah air. Selain berbagai oleh-oleh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News