Pulau Enggano Jadi Lokasi Peluncuran Roket

Pulau Enggano Jadi Lokasi Peluncuran Roket
Pulau Enggano Jadi Lokasi Peluncuran Roket
BENGKULU - Pulau Enggano di Samudra Hindia yang masuk wilayah Provinsi Bengkulu bakal sorotan dunia. Sebab, Pulau tersebut akan dijadikan lokasi peluncuran roket untuk mengirimkan satelit ke ruang angkasa.

Dalam konferensi pers Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin bersama Sekretaris Utama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Bambang Kusumanto di Gedung Daerah, Jumat (22/7) lalu, terungkap bahwa jika proyek itu terwujud maka dalam setahun maksimal bisa 10 roket diluncurkan dari Enggano.

Menurut Agusrin, roket yang diluncurkan bukan peluru kendali (rudal) berhulu ledak tetapi hanya untuk mendorong satelit ke luar angkasa. "Jadi jangan salah kaprah, nanti dikira kita akan meluncurkan rudal. Kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat di sana (Enggano). Dengan adanya peluncuran roket di Enggano, imbasnya akan banyak sekali. Terutama Bengkulu akan dikenal oleh manca negara dan nasional, keuntungannya ekonomi masyarakat Bengkulu akan lebih maju," jelas Agusrin.

Sekretaris Utama Lapan, Bambang Kusumanto menambahkan, terpilihnya Enggano sebagai kawasan peluncuran roket karena Pulau itu dianggap cukup ideal. Yakni memiliki luas kawasan hingga 400 Km2 dan masih kosong dari penduduk seluas 400 Km. Selain itu, Enggano juga berhadapan langsung dengan benua Eropa, sehingga memungkinkan Enggano untuk menjadi peluncuran roket.

BENGKULU - Pulau Enggano di Samudra Hindia yang masuk wilayah Provinsi Bengkulu bakal sorotan dunia. Sebab, Pulau tersebut akan dijadikan lokasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News