Pulau Kecil dan Pinggiran Minim PNS

Pulau Kecil dan Pinggiran Minim PNS
Pulau Kecil dan Pinggiran Minim PNS
ONDONG - Penempatan PNS di pulau-pulau kecil dan desa pinggiran kota Ulu, Ondong dan Tagulandang masih jadi pergumulan warga. Pasalnya masih ada desa di pulau-pulau kecil dan pinggiran kota yang kekurangan guru.

Pantauan disejumlah desa menunjukan masih terlihat kesejangan antara jumlah ketersedian PNS dengan kebutuhan kantor, sekolah dan puskesmas. Kekurangan PNS ini paling mendominasi terlihat ketersedian tenaga guru dan kesehatan di desa pinggiran dan pulau-pulau.

“Tenaga guru, dokter dan perawat harus ditambah. Jumlahnya masih kurang,” ungkap Vorni K, warga pulau Buhias, Jefry H warga pulau Makalehi dan Sartje warga pulau Biaro. Minimnya ketersedian guru membuat  sejumlah sekolah mengangkat tenaga honor. “Ada 4 guru honor yang perbantukan untuk mengajar di sekolah ini. Biayanya kita tanggulangi dengan dana BOS,” ungkap warga di pulau Makalehi dan Buhias.

Kepala BKDD Sitaro Dantje Palar SH mengakui adanya kekurangan PNS di pulau-pulau dan daerah pinggiran kota. Ada langkah yang siap dilakukan Pemkab Sitaro mengatasi kekurangan PNS tersebut. Salah satunya menfokuskan penempatan lulusan CPNS 2010 ke daerah pinggiran kota dan pulau-pulau.

ONDONG - Penempatan PNS di pulau-pulau kecil dan desa pinggiran kota Ulu, Ondong dan Tagulandang masih jadi pergumulan warga. Pasalnya masih ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News