Pulau Reklamasi Jakarta Harus Dimanfaatkan untuk Rakyat

Pulau Reklamasi Jakarta Harus Dimanfaatkan untuk Rakyat
Reklamasi. Foto: Indopos

jpnn.com, JAKARTA - Usulan agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno memanfaatkan lahan reklamasi Teluk Jakarta untuk program perumahan DP 0 persen, dinilai positif selama tidak melanggar aturan.

Anggota Komisi V DPR Moh Nizar Zahro menyebutkan, Anies-Sandi memang harus berkomitmen untuk menghentikan reklamasi, sebagaimana janji kampanyenya dan keinginan mayoritas masyarakat Ibu Kota.

"Dan untuk pulau-pulau yang sudah terbentuk, memang sudah seharusnya diperuntukkan untuk rakyat,” ucap Nizar saat dikonfirmasi JPNN.com, Selasa (28/11).

Mengenai bentuk pemanfaatannya untuk lahan pembangunan rumah DP 0 persen, Nizar tak mempersoalkan usulan Direktur Eksekutif Human Studies Institute Anggota Ikatan Geografi Indonesia (IGI) Rasminto itu, selama tidak melanggar peraturan perundang-undangan. Atau bisa saja ada alternatif lain.

"Kalau memang tidak melanggar aturan itu bisa menjadi alternatif. Atau akan lebih baik menjadi fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan oleh semua masyarakat DKI,” tambah ketua DPP Gerindra ini.

Soal apakah wacana ini harus didukung oleh pemerintah pusat, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Provinsi DKI dan pusat melakukan kajian bersama. “Nanti dikaji semua sesuai peraturan," pungkas politikus asal Madura ini.(fat/jpnn)


Untuk pulau-pulau yang sudah terbentuk sudah seharusnya diperuntukkan untuk rakyat


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News