Puluhan Ibu Menyusui di Australia Berunjuk Rasa, Apa Tuntutan Mereka?

Puluhan Ibu Menyusui di Australia Berunjuk Rasa, Apa Tuntutan Mereka?
Shannon Laverty (kedua dari kiri) dan para ibu yang mendukung untuk memberikan asi di pusat perbelanjaan. (By ABC Gold Coast, Tara Cassidy)

Lebih dari 40 ibu menyusui bersama pendukung lain tergabung dalam aksi protes damai di Pusat Perbelanjaan Gold Coast, negara bagian Queensland, hari Jumat (28/05).

Mereka ingin menyuarakan pesan para ibu boleh menyusui di mana pun dan kapan pun.

Aksi ini dilakukan setelah seorang ibu asal Gold Coast pekan lalu diminta oleh seorang petugas untuk meninggalkan area "kelas atas" di pusat perbelanjaan tersebut ketika sedang menyusui anaknya.

Pihak pusat perbelanjaan Pacific Fair mengatakan ada "kesalahpahaman" di antara kedua belah pihak. Mereka juga berjanji akan mengajari kembali karyawannya tentang kebijakan yang mengizinkan ibu untuk menyusui anaknya.

Juru bicara pusat perbelanjaan Pacific Fair mengatakan sudah sejak lama para ibu diizinkan untuk menyusui anak mereka di mana pun mereka mau.

Namun, para pendukung aksi damai mengatakan unjuk rasa dilakukan untuk menciptakan percakapan lebih luas tentang menyusui dan agar praktik ini dianggap hal yang normal di mata masyarakat umum.

Dukungan dari seluruh dunia

Para ibu, bapak, nenek, serta pendukung lainnya berkumpul di lantai dengan deretan toko mewah di pusat perbelanjaan tersebut. Lokasi inilah tempat di mana Shannon Laverty, ibu asal Gold Coast, dihampiri oleh petugas minggu lalu.

Shannon mengatakan dirinya sedang menyusui anaknya yang baru lahir ketika dihampiri oleh salah satu petugas mall yang menanyakan apakah dia bisa menyusui di ruang khusus orangtua.

Pesan para ibu menyusui di Australia adalah tindakan menyusui seharusnya boleh dilakukan di mana pun dan kapan pun

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News