Puluhan Ormas Pemuda Lintas Agama dan Suku Kompak Siapkan Agenda Besar

Puluhan Ormas Pemuda Lintas Agama dan Suku Kompak Siapkan Agenda Besar
Suasana pertemuan dari puluhan pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (Ormas) berkumpul di Paledang, Bogor, Jawa Barat, Selasa (8/10/2019) untuk menyiapkan Sumpah Pemuda Jilid II. Foto: Dok. Humas Kongres Pemuda Jilid II

jpnn.com, BOGOR - Menyikapi kondisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saat ini, puluhan pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda atau ormas pemuda berkumpul di Paledang, Bogor, Jawa Barat, Selasa (8/10/2019). Pertemuan yang dihadiri oleh ratusan pemuda tersebut bertujuan untuk menyiapkan agenda besar yakni Sumpah Pemuda Jilid II.

Koordinator Kongres Pemuda Jilid II sekaligus Ketua Umum Ikatan Pemuda Pemudi Minang Indonesia (IPPMI) M Rafik Perkasa Alamsyah menyampaikan seluruh OKP lintas agama, suku, dan golongan kompak akan menghadiri Sumpah Pemuda Jilid II.

“Sumpah Pemuda Jilid II InsyaaAllah akan dihadiri oleh para pimpinan OKP nasional,” ujar Rafik didampingi Dian Asafri, M Harry Naldy, Gusti Rahmat, Aminullah Siagian, Indra Lesmana, Hendri Kurniawan, dan beberapa ketua umum OKP lainnya.

Menurut Rafik, menyikapi banyaknya konflik sosial saat ini yang mengakibatkan ancaman disintegrasi bangsa. Oleh karena itu, pemuda harus hadir untuk kembali menghidupkan roh Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

“Momentum ini kita ambil untuk menghidupkan kembali ruh Sumpah Pemuda 1928 bahwa 'Kita Bertumpah Darah yang Satu, Tanah Air Indonesia, Kita Berbangsa Satu, Bangsa Indonesia, dan Kita Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia,” jelas Rafik.

Ketua Umum PP Himmah, Aminullah Siagian berharap rekonsiliasi nasional segera dilaksanakan jika ingin NKRI tetap ada.

“Gejala perpecahan sudah pada fase yang mengkhawatirkan. Kita akan merumuskan konsep strategis agar kondisi bangsa menjadi lebih baik,” tegasnya.

Menurut Aminullah, Kongres Pemuda Jilid II juga akan mempertegas Pancasila adalah satu-satunya dasar negara di NKRI.

Seluruh organisasi kemasyarakatan pemuda (Ormas) lintas agama, suku, dan golongan kompak mempersiapkan Sumpah Pemuda Jilid II.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News