Puluhan PTN Sudah Lapor

Puluhan PTN Sudah Lapor
Puluhan PTN Sudah Lapor
JAKARTA - Upaya jemput bola yang dilakukan jajaran Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), berjalan lancar. Kemendiknas kemarin memanggil puluhan perguruan tinggi negeri (PTN) untuk meminta klarifikasi terkait temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 2009. Dalam pemanggilan ini kemediknas terus memacu supaya PTN-PTN tersebut bergerak cepat menindaklanjuti temuan tersebut.

Setelah mengikuti rapat di Istana Negara tadi malam, Menteri Pendidikan Nasional M. Nuh menjelaskan, dirinya masih belum mempelajari secara ditail hasil pemanggilan PTN-PTN tersebut. Mantan menteri Informasi dan Komunikasi itu menjelaskan, dalam garis besar pemanggilan ini masih belum memunculkan fakta baru. "Karena memang tujuannya bukan untuk itu (menggali fakta baru, red)," terang Nuh.

Sebaliknya, dia tetap bersikukuh jika pemanggilan yang muncul dari inisiatif Inspektorat Jendral (Irjen) Kemendiknas itu, digunakan untuk menggali kelemahan dari PTN-PTN. Kemendiknas, jelas Nuh, berupaya membantu jika ada PTN-PTN yang kesulitan menyelesaikan proses tindak lanjut kepada BPK.

Menurut keterangan beberapa peserta pertemuan antara PTN dengan irjen, beberapa PTN mengeluhkan ketidaksesuaian antara nominal anggaran yang dikeluarkan BPK dengan nominal yang tercatat di PTN. Sehingga, PTN tidak dan belum berani menindaklanjuti temuan tersebut. "Beberapa PTN menjelaskan nominal BPK lebih tinggi," ucap salah satu peserta. Beberapa perwakilan PTN khawatir akan memunculkan dugaan mark up jika anggaran yang berbeda ini dipaksakan sama dengan temuan BPK.

JAKARTA - Upaya jemput bola yang dilakukan jajaran Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), berjalan lancar. Kemendiknas kemarin memanggil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News