Puluhan Rumah Warga di Joglo Surakarta Dihancurkan Pakai Ekskavator, Lihat

Puluhan Rumah Warga di Joglo Surakarta Dihancurkan Pakai Ekskavator, Lihat
Eskavator warna biru sedang merobohkan bangunan puluhan bangunan rumah warga Kelurahan Joglo, Surakarta yang telah kosong, Jumat (26/11) sore. Foto : Romensy Augustino/JPNN

jpnn.com, SOLO - Puluhan rumah warga di Kelurahan Joglo, Banjarsari, Surakarta yang telah dikosongkan penghuninya mulai telah dihancurkan menggunakan alat berat ekskavator, Jumat (26/11).

Puluhan rumah warga di bantaran rel, di sebelah barat Jalan Kolonel Sugiono, itu dihancurkan demi pembangunan Elevated Rail Jalur Ganda Fase 1 Solo-Semarang (Solo Balapan-Kadipiro).

Pantauan JPNN.com, penghancuran puluhan rumah warga itu dilakukan menggunakan dua eskavator.

Konon, groundbreaking alias peletakan batu pertama proyek tersebut bakal segera dilakukan.

"Groundbreaking Desember atau Januari. Minggu ini sudah final terkait dengan desain," kata Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah Putu Sumarjaya, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data, di Kelurahan Joglo Surakarta terdapat 72 rumah yang digusur dan kepala keluarga (KK) yang sebelumnya menempati bangunan itu telah menerima santunan dari pemerintah.

PT KAI melalui Balai Perkeretaapian Jawa Tengah telah menyerahkan uang santunan itu kepada masing-masing KK pada Selasa (16/11) lalu. (mcr21/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

72 rumah warga di Joglo Surakarta dihancurkan pakai eskavator, Jumat (26/11). Pemilik rumah itu tergusur pembangunan rel ganda Fase 1 Solo-Semarang.


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Romensy Augustino

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News