Puluhan Sambungan Air Ilegal Diputus

Puluhan Sambungan Air Ilegal Diputus
Puluhan Sambungan Air Ilegal Diputus

jpnn.com - BEKASI – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi membongkar puluhan sambungan ilegal di Perumahan Taman Kartini, Taman Kota, Ruko Sun City Square, Perumahan Irida Barat, serta Irigasi Sekunder.

Ironisnya, penyambungan secara ilegal itu sudah berlangsung selama dua tahun, tapi baru kali terendus oleh petugas.

Kepala PDAM Tirta Bhagasasi, Cabang Poncol, Dadang Hermansyah mengatakan, puluhan sambungan ilegal itu banyak terjadi di daerah Poncol, Bekasi Timur. "Pengungkapan tersebut merupakan salah satu upaya penekanan angka kebocoran air," kata Dadang, kemarin.

Dadang menambahkan, penyambungan secara ilegal itu terungkap sejak Januari hingga Desember 2013, melalui kerja sama dengan Kepolisian Resor Kota Bekasi Kota. "Cabang Poncol dijadikan percontohan oleh kantor pusat. Pelaksanaannya menggandeng kepolisian," ujarnya.

Salah satu wilayah yang terdeteksi kata Dadang, antara lain Perumahan Taman Kartini, Taman Kota, Ruko Sun City Square, Perumahan Irida Barat, serta Irigasi Sekunder. "Temuan saat eksekusi pembongkaran cukup mengagetkan. Sebab, para penyambungnya seakan sangat rapi menyembunyikannya," katanya.

Modus yang ditemui di lapangan kata Dadang, kebanyakan dicor, ada pula yang ditanam pepohonan, dan cara-cara lain yang dilakukan untuk menyamarkannya.

Petugas pun harus membongkar paksa untuk memutus sambungan ilegal tersebut. ”Kami bertindak tegas seperti itu karena sudah mengantongi bukti kuat tindakan mereka," ujarnya.

Bukti tersebut berupa hasil uji laboratorium perihal kandungan zat dalam air yang mengalir di lokasi-lokasi sambungan ilegal tersebut berada.

BEKASI – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi membongkar puluhan sambungan ilegal di Perumahan Taman Kartini, Taman Kota, Ruko

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News