Puluhan Wisatawan Terjaring Operasi Satgas Covid-19

Puluhan Wisatawan Terjaring Operasi Satgas Covid-19
Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Cianjur, melakukan tes cepat terhadap puluhan wisatawan di obyek wisata Savilage-Puncak, Minggu (1/11). Foto: ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com, CIANJUR - Satgas COVID-19 Cianjur melakukan tes cepat terhadap 70 orang wisatawan yang datang ke sejumlah obyek wisata di Cianjur, Jawa Barat.

Hasilnya ditemukan negatif nonreaktif. Upaya tes cepat dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan wisatawan yang datang tidak membawa virus corona.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Kordinasi COVID-19 Cianjur, dr Yusman mengatakan, tim gugus tugas COVID-19 yang melakukan tes cepat di sejumlah obyek wisata di kawasan Puncak-Cipanas, sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus berbahaya yang terbawa atau dibawa wisatawan selama berlibur ke wilayah tersebut.

"Tes cepat atau rapid test dilakukan tim gugus tugas di obyek wisata Savilage-Puncak dan di obyek wisata Little Venis di Perumahan Kota Bunga-Cipanas, terhadap 70 orang wisatawan yang dilakukan secara acak dengan hasil nonreaktif," katanya, Minggu (1/11).

Upaya tersebut, ungkap dia, sebagai langkah cepat untuk mengembalikan Cianjur ke zona rendah penyebaran karena sebagian besar pasien positif yang saat ini menjalani perawatan di vila khusus dan rumah sakit, rata-rata memiliki riwayat perjalan dari wilayah zona merah.

Pihaknya berharap selama libur panjang, tidak terjadi angka penularan dan angka pasien positif terus menurun dan membaik.

Pasalnya hingga saat ini, ungkap dia, ruangan isolasi di Vila Ciherang, Kecamatan Pacet, yang khusus merawat pasien positif COVID-19 Cianjur, sudah penuh, sehingga perlu penambahan ruangan.

"Untuk vila khusus, sejak beberapa hari terakhir diberlakukan sistem antrean karena banyak temuan pasien positif sebelum libur panjang. Kami sudah mengajukan penambahan ruangan sebanyak 60 ruangan, sehingga ruangan yang tersedia dapat mencukupi untuk penanganan atau isolasi bagi pasien positif," katanya.

Satgas Covid-19 melakukan tes cepat terhadap 70 orang wisatawan yang datang ke sejumlah obyek wisata di Cianjur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News