Puncak Arus Mudik Diperkirakan Hari Ini

Puncak Arus Mudik Diperkirakan Hari Ini
Arus mudik di Bandara Hang Nadim, Batam. Foto ilustrasi: Batampos

jpnn.com, BATAM - Lonjakan penumpang arus mudik sudah mulai terlihat di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, sejak (6/6) lalu atau H-9.

Dari data petugas Hang Nadim lonjakan penumpang itu jauh melebihi hari biasanya.

Menurut Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan penyebab lonjakan penumpang sebelum H-7, disebabkan hari libur yang lebih panjang dari tahun sebelumnya.

"Senin (11/6) sudah libur, mungkin sejak beberapa hari lalu ada yang mulai curi-curi libur. Atau mungkin memulangkan keluarganya terlebih dahulu ke kampung halaman," katanya, Jumat (8/6).

Suwarso menyebutkan penumpang yang berangkat Kamis (31/5) sebanyak 7.661 orang, Jumat (1/6) 7.948, Sabtu (2/6) 7.352 orang, Minggu (3/6) 7.900 orang, Senin (4/6) 8.447 orang, Selasa (5/6) 8.888 orang, Rabu (6/7) 9.259 orang, Kamis (7/6) 9.353 orang. Dan hari ini diperkirakan jumlah penumpang memadati Hang Nadim berada dikisaran angka sembilan ribuan orang.

Suwarso mengatakan dari Jumat (8/6) hingga Minggu (10/6) jumlah penumpang akan terus naik dibandingkan hari sebelumnya. "Normalnya itu 6.700 orang. Dan angka ini meningkat bila dibandingkan tahun lalu," ucapnya.

Saat H-10 hingga H-7 Idul Fitri tahun lalu, penumpang yang memadati Hang Nadim berada dikisaran tujuh ribuan orang. Namun tahun ini sudah menyentuh angka sembilan ribu orang. "Perkiraan kami sedikit meleset. Karena perubahan jadwal libur," tuturnya.

Suwarso meminta masyarakat agar selalu mengecek jadwal keberangkatan. Dan terus memantau apabila terjadi perubahan jadwal keberangkatan. Para calon penumpang diharapkan datang ke Bandara Internasional Hang Nadim dua jam sebelum keberangkatan.

Lonjakan penumpang arus mudik sudah mulai terlihat di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, sejak (6/6) lalu atau H-9.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News