Puncak Latgab TNI, Ribuan Warga 2 Desa Dievakuasi

Puncak Latgab TNI, Ribuan Warga 2 Desa Dievakuasi
Puncak Latgab TNI, Ribuan Warga 2 Desa Dievakuasi

jpnn.com - SITUBONDO - Berakhir sudah inti latihan gabungan (latgab) TNI 2014 kemarin (4/6). Formasi fly pass 24 helikopter tempur TNI-AD memutari bukit Karang Tekok, Baluran mengakhiri rangkaian latgab mulai 19 Mei 2014.

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Panglima TNI Jendral TNI Moeldoko bersama tiga kepala staf TNI mulai bisa tersenyum. Hingga puncak latgab tidak ada korban jiwa dari prajurit maupun warga sekitar lokasi latihan perang tersebut.

"Alhamdulillah tidak ada accident dan tepat waktu," puji Purnomo yang mengenakan rompi hijau doreng lapangan. Jajarannya mengapresiasi kesuksesan TNI yang memobilisasi anggota mencapai 15.108 personel dan ratusan material alutsista yang sebagian kecil termasuk baru.

Keberhasilan latgab sekaligus menjadi kampanye militer Indonesia ke dunia internasional. Apalagi turut menyaksikan puluhan atase militer dari berbagai negara sahabat.

Dibandingkan dengan latgab 2013 di lokasi yang hampir sama memakan korban sampai dua orang warga. Mereka tewas karena ledakan rudal pesawat tempur TNI-AU yang busung (tidak meledak di darat). Rudal meledak karena terjatuh ketika diusung untuk dijual.

Demi mengantisipasi peristiwa serupa, ribuan warga Desa Sukorejo dan Desa Sekar Putih, Kecamatan Banyu Putih pada radius 2-3 tiga kilometer di atas garis lintasan tembak dievakuasi.

Terutama saat demonstrasi peluncuran roket dan senjara artileri dari pendaratan amfibi Pantai Banongan, Asembagus. Mereka ditempatkan di titik kumpul Masjid Sekar Putih dan Perusahaan Daerah Perkebunan Banongan. Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) V Surabaya mengerahkan sedikitnya 34 truk angkut personel untuk memindahkan sementara warga ke tempat aman.

Dalam puncak latgab kemarin, tiga unsur kekuatan matra laut, udara, dan darat kompak memborbardir Pantai Banongan dan Karang Tekok. Penembakan pendadakan disimulasikan untuk melumpuhkan musuh yang sempat menguasai wilayah itu.

SITUBONDO - Berakhir sudah inti latihan gabungan (latgab) TNI 2014 kemarin (4/6). Formasi fly pass 24 helikopter tempur TNI-AD memutari bukit Karang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News