Punya Kemampuan Mumpuni, Azwar Anas Layak Pimpin Jatim

Punya Kemampuan Mumpuni, Azwar Anas Layak Pimpin Jatim
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Sejarawan Banyuwangi Rizki Alvian mengatakan, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas layak naik kelas menjadi pemimpin di Jawa Timur.

Menurut Rizki, Anas sangat berhasil selama memimpin Banyuwangi.

Selama menjabat sebagai bupati, Anas melakukan berbagai inovasi dengan cara mempromosikan budaya lokal di dunia internasional.

"Istilahnya Pak Anas ini harus naik kasta. Dengan ukuran keberhasilan dan kapasitas kepemimpinannya, cukup disayangkan jika lingkupnya hanya di Banyuwangi," ujar Rizki, Jumat (29/9).

Selain itu, imbuh Rizki, Anas memiliki karakter pemimpin yang probudaya.  "Beliau membangun Banyuwangi dengan seni dan budaya. Namun, tidak menghilangkan identitas budaya lokalnya," kata Rizki.

Dia menambahkan, ada semacam peraturan tak tertulis sejak dulu bahwa untuk memimpin Banyuwangi dulu membangun seni dan budayanya terlebih dahulu.

Ketika seni dan budaya khas sudah dibangun, pembangunan dan kebijakan apa pun akan bisa diterima masyarakat.

"Sebaliknya, jika pemimpinnya melupakan seni dan budaya Banyuwangi, bisa dipastikan pemimpinnya tidak akan bisa bertahan lama. Itu bisa dibuktikan Pak Anas yang dipercaya masyarakat untuk menjadi Bupati dua periode dengan mengembangkan kebudayaan Banyuwangi. Bahkan namanya harum di Indonesia dan internasional," tutur Rizki.

Sejarawan Banyuwangi Rizki Alvian mengatakan, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas layak naik kelas menjadi pemimpin di Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News