Punya Ketakutan yang Sama, Tetangga Afghanistan Sepakati 5 Hal Ini

Punya Ketakutan yang Sama, Tetangga Afghanistan Sepakati 5 Hal Ini
Arsip - Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi (kanan) bertemu penjabat Menlu Pemerintahan Sementara Taliban Afghanistan Amir Khan Muttaqi di Doha, Qatar, pada 26 Oktober 2021. ANTARA/HO-FMPRC/mii/aa. (Handout FMPRC)

jpnn.com, ANHUI - Menteri luar negeri negara-negara tetangga Afghanistan yang bertemu di ternyata punya ketakutan yang sama. Mereka khawatir di era Taliban, Afghanistan bakal jadi sarang kelompok teroris.

Ketakutan itu terlihat jelas dari pernyataan bersama pada penghujung konferensi di Tunxi, Provinsi Anhui tersebut, Kamis (31/3). 

Ada lima garis besar terkait situasi Afghanistan yang menyangkut politik dan diplomasi, ekonomi dan kemanusiaan, kontraterorisme dan keamanan, pengungsi, serta kelembagaan.

Butir-butir itu disepakati oleh para menlu tetangga Afghanistan, yakni China, Iran, Pakistan, Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Para menlu sepakat menghormati kemerdekaan, kedaulatan, integritas wilayah, dan negara kesatuan Afghanistan serta mendukung rakyat Afghanistan menentukan sendiri masa depan negaranya.

Pernyataan bersama juga menyoroti tindakan konkret di Afghanistan untuk menjamin hak kaum perempuan dan pendidikan anak-anak serta menyerukan tindakan lebih lanjut dalam meningkatkan taraf hidup rakyat Afghanistan.

Para menlu dalam pernyataan bersama itu juga menekankan terorisme sebagai faktor kunci yang memengaruhi stabilitas Afghanistan.

Mereka mengutuk berbagai bentuk kekerasan dan serangan teroris serta menegaskan kembali bahwa ISIS, Al Qaeda, ETIM, TTP, BLA, Jundullah, Jaish Al Adl, Jamaat Ansarullah, IMU, dan organisasi terorisme lainnya tidak boleh diberi tempat di wilayah Afghanistan.

Pertemuan menlu negara-negara tetangga Afghanistan di China menghasilkan kesepakatan terkait 5 hal, apa saja?

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News