Pupuk Bantuan Pemerintah Pusat Diduga Palsu

Pupuk Bantuan Pemerintah Pusat Diduga Palsu
Pupuk Bantuan Pemerintah Pusat Diduga Palsu
MUSIRAWAS  - Bantuan pupuk pemerintah pusat yang diberikan ke kelompok tani di Kecamatan Tugumulyo, Mura diduga palsu.  Pupuk jenis Organic Granul dan NPK ini disalurkan melalui Dinas Pertanian dan Holtikultura Musi Rawas (Mura) pada Agustus 2011. Pupuk ini dikemas dalam karung putih bertuliskan ‘pupuk bantuan pemerintah tahun 2010’ dan dibawahnya tertulis Tidak untuk Diperjualbelikan’.

Terungkapnya bantuan pupuk yang diduga palsu ini, ketika salah seorang petani melakukan uji coba terhadap tanaman.  Tanaman yang diberikan pupuk tak berkembang. Lalu kedua jenis pupuk ini tak larut saat diaduk dengan air, bahkan bubuk pewarnanya mengambang di atas permukaan air.

Salah seorang petani Desa V Surodadi, Kecamatan Tugumulyo, Udin (50) mengatakan, hanya menerima bantuan pupuk jenis Organik Granul tiga zak atau 150 kg. “Pupuk ini untuk ujicoba tanaman jahe. Setelah seminggu diberi pupuk, daun jahe menguning dan layu," ujarnya.

Kades V Surodadi Kecamatan Tugumulyo Herman mengaku tidak tahu berapa petani di desanya yang mendapatkan bantuan pupuk dari pusat.  “Biasanya bantuan langsung diberikan ke masing-masing petani didampingi KUPT Pertanian kecamatan,”katanya.

MUSIRAWAS  - Bantuan pupuk pemerintah pusat yang diberikan ke kelompok tani di Kecamatan Tugumulyo, Mura diduga palsu.  Pupuk jenis Organic

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News