Pupuk Indonesia Berhasil Pertahankan Peringkat AAA dari Fitch Ratings

Pupuk Indonesia Berhasil Pertahankan Peringkat AAA dari Fitch Ratings
PT Pupuk Indonesia (Persero). Foto dok Pupuk Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali mempertahankan peringkat korporasi dan obligasi AAA (idn) dengan outlook stabil dari Fitch Ratings.

Pupuk Indonesia mendapatkan peringkat AAA (idn) dari lembaga pemeringkat utang internasional ini sejak 2014.

“Keberhasilan perusahaan mempertahankan peringkat AAA dari Fitch Ratings ini menandakan bahwa Pupuk Indonesia merupakan BUMN sehat secara finansial dan kredibel,” ujar Direktur Keuangan & Investasi Pupuk Indonesia, Wono Budi Tjahyono dalam keterangan resminya, Rabu (25/1).

Peringkat AAA (idn) ini merupakan peringkat tertinggi yang diberikan kepada perusahaan di Indonesia atau emiten penerbit obligasi dengan ekspektasi risiko gagal bayar utang sangat rendah.

Wono mengapresiasi keputusan Fitch Ratings ini, pasalnya rating AAA (idn) ini akan berdampak positif terhadap proses bisnis Pupuk Indonesia ke depan.

Menurut Wono, peringkat ini menjadi nilai tambah perusahaan di mata investor, kreditur, pemerintah, pemegang saham, maupun masyarakat luas.

Fitch Ratings memberikan peringkat AAA (idn) kepada Pupuk Indonesia berdasarkan beberapa faktor di antaranya Pupuk Indonesia memiliki peran strategis dalam menyediakan dan menyalurkan pupuk bersubsidi kepada petani sesuai alokasi yang ditetapkan pemerintah dengan skema public service obligation (PSO), sehingga secara langsung mendukung program ketahanan pangan pemerintah. 

Fitch Ratings juga menilai kinerja perusahaan yang tercermin dalam pertumbuhan pendapatan, EBITDA, dan laba Pupuk Indonesia menjadi salah satu faktor pemberian peringkat AAA (idn).

Keberhasilan Perusahaan mempertahankan peringkat AAA dari Fitch Ratings ini menandakan bahwa Pupuk Indonesia merupakan BUMN sehat secara finansial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News