Pupuk Indonesia Genjot Semangat Petani Bawang Sembalun Lewat Demplot

Pupuk Indonesia Genjot Semangat Petani Bawang Sembalun Lewat Demplot
Dirut PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat (di tengah) dalam acara panen bawang putih hasil program demplot di Sembalun, Lombok Timur, NTB, Selasa (22/8). Foto: Pupuk Indonesia

jpnn.com, LOMBOK TIMUR - PT Pupuk Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, PT Pupuk Kaltim (PKT) menggelar program demonstration plot (demplot) untuk membantu para petani bawang putih di Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tujuan program itu adalah menggairahkan budi daya bawang putih di Sembalun yang pernah berjaya di era 1080 dan 1990-an.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat mengungkapkan, pihaknya sejak Maret lalu sudah menggelar demplot di lahan seluas 2 hektare di Sembalun. Melalui depmlot berarti ada penerapan teknologi dan pola pemupukan berimbang.

Hasilnya panennya pun melonjak. “Hasilnya setelah menggunakan pola pemupukan berimbang, produksi bawang putih melonjak sangat signifikan,” tutur Aas di sela-sela panen demplot di Sembalun, Lombok Timur.

Terlihat hadir pada acara itu antara lain Asdep Bidang Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Purnomo Sinarhadi, Dirut Pupuk Kaltim Bakir Pasaman, serta wakil Bupati Lombok Timur Haerul Warisin.

Lebih lanjut Aas menjelaskan, dalam demplot ada beberapa perlakuan dengan berbagai formula pemupukan. Di antaranya mengurangi penggunaan pupuk fosfat.

“Karena tanah di sini (Sembalun) sudah kaya akan fosfat serta ditambahkan dengan pupuk organik. Hasil formula pemupukan yang terbaik akan kami sampaikan kepada pemerintah daerah sebagai rekomendasi kami untuk budidaya bawang putih di daerah ini selanjutnya,” kata Aas.

Menurut Aas, setelah melihat panen hasil demplot ternyata para petani bawang di Sembalun tambah bergairah. Harapannya, para petani Sembalun kembali aktif menanam bawang putih.

“Dengan produktivitas yang tinggi, mungkin petani akan lebih tertarik menanam bawang putih karena menawarkan keuntungan yang lebih besar,” ulasnya.

PT Pupuk Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, PT Pupuk Kaltim (PKT) menggelar program demonstration plot (demplot) untuk membantu para

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News