JPNN.com

Pupuk Kaltim Kembangkan PreciPalm, Inovasi Teknologi Untuk Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia

Selasa, 25 Agustus 2020 – 09:27 WIB
Pupuk Kaltim Kembangkan PreciPalm, Inovasi Teknologi Untuk Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia - JPNN.com
Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Bakir Pasaman. Foto dok humas Pupuk Kaltim

jpnn.com, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) melalui anak usahanya PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) mengembangkan inovasi penerapan pertanian presisi, yang dinamakan PreciPalm (Precision Agriculture Platform for Oil Palm).

Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi disrupsi industri, berupa pemanfaatan teknologi informasi untuk menentukan rekomendasi pemupukan presisi dengan menggunakan teknologi satelit untuk mengidentifikasi, menganalisis, serta mengolah informasi keragaman spasial dan temporal pada lahan kebun kelapa sawit.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman menjelaskan Precipalm bisa menyediakan informasi mengenai kondisi nutrisi unsur makro lahan kelapa sawit secara cepat dan presisi dalam bentuk peta digital lahan, yang diolah dari citra satelit dan model matematis.

Informasi karakteristik lahan ini kemudian digunakan untuk menjadi dasar dalam menghasilkan rekomendasi pemupukan N (Nitrogen), P (Phosphor), K (Kalium) dan Mg (Magnesium), serta bisa digunakan untuk pemantauan kondisi nutrisi lahan perkebunan paska pemupukan secara realtime.

“PreciPalm merupakan solusi pertanian presisi berbasis satelit pertama di Indonesia untuk perkebunan kelapa sawit. PreciPalm dapat memberikan manfaat dalam mendukung efektifitas manajemen pemeliharaan kebun kelapa sawit di Indonesia," jelas Bakir.

Menurut Bakir, inovasi PreciPalm merupakan bagian dari transformasi bisnis Pupuk Indonesia Grup ini nantinya akan meningkatkan daya saing produk pupuk perseroan di era industri 4.0.

Pertanian presisi merupakan upaya efektif untuk mendapat keuntungan optimal dan berkelanjutan, dengan tetap menjaga kelestarian linkungan.

“PreciPalm menjadi salah satu rencana strategis dalam transformasi bisnis PI Grup, di mana perusahaan dituntut untuk mampu fokus pada customer oriented,” terang Bakir.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy