Pupuk Kaltim Menggelar Pelatihan Membuat Kompos Pakai Biodex

Pupuk Kaltim Menggelar Pelatihan Membuat Kompos Pakai Biodex
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menggelar pelatihan pembuatan kompos menggunakan Bioaktivator Biodex, bagi Kelompok Tani Hutan (KHT) Mitra Wana Lestari, Kelurahan Karang Joang Kota Balikpapan. Foto dok PKT

jpnn.com, BALIKPAPAN - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menggelar pelatihan pembuatan kompos menggunakan Bioaktivator Biodex, bagi Kelompok Tani Hutan (KHT) Mitra Wana Lestari, Kelurahan Karang Joang Kota Balikpapan.

Kegiatan ini berlangsung pada awal Februari 2023 lalu, bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim.

VP Marketing Business Partner Korporasi Pupuk Kaltim Indah Febrianty, mengatakan pelatihan ini didasari ketersediaan bahan baku berupa kiambang yang banyak didapati di Danau Manggar Balikpapan, yang kerap menutupi permukaan air hingga dianggap mengganggu.

Dengan pertumbuhan yang terbilang pesat, kiambang bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan kompos yang sangat bermanfaat bagi tanaman.

Pelatihan ini juga bertujuan untuk memberdayakan potensi kelompok tani dengan meningkatkan pengetahuan serta pemahaman para petani, agar mampu memaksimalkan limbah organik guna memacu potensi dan produktivitas lahan pertanian.

“Melalui pelatihan ini para petani bisa memanfaatkan bahan organik yang awalnya dianggap tidak bermanfaat, menjadi kompos yang berfungsi untuk lahan pertanian dan tanaman. Sehingga kedepan, para petani bisa memproduksi kompos sendiri untuk menekan biaya produksi dan kebutuhan pupuk tanaman,” terang Indah, Rabu (1/3).

Pelatihan pembuatan kompos ini bagian dari pendampingan Pupuk Kaltim untuk memaksimalkan lahan garapan petani, dengan penerapan pemupukan berimbang sehingga dapat meningkatkan kesuburan tanah.

Bioaktivator ini mampu meningkatkan unsur hara dalam tanah dengan lebih maksimal, karena diperkaya kandungan Trichoderma sp. yang berfungsi sebagai biopestisida, sehingga mampu menangkal berbagai macam patogen maupun jamur.

Pupuk Kaltim juga memberikan tips agar pengomposan bekerja maksimal, yakni dengan memperhatikan alas pengomposan yang harus tetap dalam kondisi kering,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News