Pusat Jadikan Bonbol Kota Satelit

Pusat Jadikan Bonbol Kota Satelit
Pusat Jadikan Bonbol Kota Satelit
JAKARTA-Setelah menjadi kawasan percontohan untuk pembangunan rumah murah, Gorontalo kembali dibidik pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perumahan Rakyat. Yaitu dengan pengembangan Kabupaten Bone Bolango (Bonbol) sebagai kota satelit baru.

Keseriusan pusat menjadikan Bonbol sebagai kota satelit baru ini ditunjukkan lewat pencanangan pembangunan kawasan siap bangun (Kasiba) seluas 500 hektar untuk lima ribu unit rumah. Pembangunan Kasiba ini, menurut Menneg Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa, diharapkan bisa menampung 15 ribu. Saat ini jumlah Kasiba di Indonesia memang belum terlalu banyak.

"Saya berharap di daerah lainnya dapat mengikuti langkah Gorontalo yang menyiapkan lahannya untuk Kasiba," kata Suharso, Kamis (12/5).Optimisme Suharso akan berkembangnya Bonbol sebagai kota satelit baru, karena adanya dukungan penuh pemdanya dalam penyediaan infrastruktur. Sebut saja pembangunan jalan lingkungan, drainase, pemancangan tiang listrik, pembangunan saluran air minum dan saluran air.

"Saya gembira Pemda Bone Bolango sangat proaktif dalam memperhatikan masalah perumahan. Kalau pemda memiliki sisa anggaran lebih jangan dibelanjakan untuk hal yang tidak berguna. Sebaiknya belikan tanah karena bisa menambah aset daerah,” sarannya.Meski persoalan perumahan menjadi urusan wajib pemda, Suharso mengimbau agar pembangunan perumahan tidak mengikis lahan-lahan produktif. Karena lahan produktif berguna untuk memperkuat ketahanan pangan di daerah. (Esy/jpnn)

JAKARTA-Setelah menjadi kawasan percontohan untuk pembangunan rumah murah, Gorontalo kembali dibidik pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perumahan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News