Puskas BAZNAS Rilis Hasil Riset dan Kajian Sepanjang 2018

Puskas BAZNAS Rilis Hasil Riset dan Kajian Sepanjang 2018
Puskas BAZNAS Rilis Hasil Riset dan Kajian Sepanjang 2018. Foto: Humas Baznas

jpnn.com, BANDUNG - Pusat Kajian Strategis Badan Amil Zakat Nasional (Puskas BAZNAS) bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, menggelar acara tahunan publikasi dari kajian dan riset yang telah dilakukan sepanjang tahun 2018.

Public Expose Puskas BAZNAS 2018 bertema “Refleksi Pengelolaan Zakat Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0” ini, dibuka dengan keynote speech Anggota BAZNAS Ir. Nana Mintarti, MP, di Kampus UPI, Bandung, Jawa Barat, Kamis (20/12).

Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan mock up dan penyerahan secara simbolis buku-buku hasil riset Puskas BAZNAS oleh Anggota BAZNAS Drs. Irsyadul Halim kepada Wakil Rektor II Bidang Keuangan, Sumber Daya dan Administrasi Umum UPI Dr. H. Edi Suryadi, M.Si.

Turut hadir antara lain Direktur Utama BAZNAS Arifin Purwakananta dan Direktur Puskas BAZNAS Dr. Irfan Syauqi Beik. Acara diikuti sekira 250 peserta yang terdiri atas perwakilan BAZNAS provinsi serta kabupaten/kota, akademisi dan peneliti, praktisi dari lembaga zakat, serta media.

Nana berharap, melalui Public Expose Puskas 2018, masyarakat lebih meyakini dan memercayai pengelolaan zakat yang dilakukan organisasi pengelola zakat, khususnya BAZNAS.

“Karena apa yang dilakukan dan telah dikerjakan diukur melalui kajian-kajian dan riset yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik sebagaimana yang telah dilakukan oleh Puskas BAZNAS,” ujar dia.

Public Expose Puskas merupakan kegiatan inisiatif Pusat Kajian Strategis BAZNAS dalam rangka mendiseminasikan hasil riset dan kajian kepada masyarakat lebih luas. Kegiatan ini dapat menjadi ajang silaturahmi para pegiat atau praktisi dan pemerhati zakat dengan beragam latar belakang profesi.

Direktur Puskas Dr. Irfan Syauqi Beik, mengatakan, tujuan public expose ini adalah untuk menyampaikan kepada publik apa yang telah dilakukan Puskas BAZNAS selama satu tahun.

“Ini sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban akademik dari kajian-kajian yang kami lakukan. Pada Public Expose Puskas 2018 kali ini ditampilkan produk-produk karya ilmiah Puskas BAZNAS yang dilakukan sepanjang 2018. Selain itu terdapat sesi diseminasi publik dengan mengundang para panelis pakar di bidangnya,” ucap dia.

Acara dilanjutkan dengan diskusi bertema “Kinerja Pengelolaan Zakat Nasional dalam Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0” dengan menghadirkan empat panelis. Di antaranya Wakil Direktur Riset dan Kajian Puskas BAZNAS, Dr. M Soleh Nurzaman, yang memaparkan Outlook Zakat 2019.

Puskas BAZNAS mempublikasikan hasil riset dan kajian yang dilakukan sepanjang tahun 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News