Puti Soekarno Janjikan 1.000 Startup Unggulan dari Jatim

Puti Soekarno Janjikan 1.000 Startup Unggulan dari Jatim
Puti Guntur Soekarno (tengah) berdiskusi dengan para para penggerak ekonomi kreatif. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Kandidat Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Mbak Puti) menyiapkan program penciptaan 1.000 bisnis rintisan (startup) unggulan.

Janji tersebut diungkap Mbak Puti saat berdiskusi santai dengan para penggerak ekonomi kreatif di Satu Atap Co-Working Space, Surabaya, Minggu (11/2). ”Jatim punya potensi besar di sektor ekonomi kreatif, yang selama ini belum tergarap optimal. Padahal potensinya luar biasa,” kata Puti.

Dosen tamu Kokushikan University Jepang itu percaya bahwa ekonomi kreatif bisa menjadi andalan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Sektor ini juga menjadi jawaban bagi problem penyerapan tenaga kerja di tengah tren industri dan pertanian yang termekanisasi. ”Barrier untuk masuk ke bisnis kreatif sangat minim, sehingga jika fasilitasi Pemprov Jatim ke depan tepat, maka akan banyak lahir entrepreneur baru dari sektor ini,” ujarnya.

Puti menambahkan, ekonomi kreatif menyilang ke dalam dua sektor besar, yaitu digital economy dan leisure economy, yang bakal digodok di pusat inkubasi bagi startup.

”Kami sudah siapkan program tersegmentasi. Gimana pendampingan untuk startup digital, gimana menguatkan yang di leisure economy, semua sudah ada di janji kerja kami,” ujar Puti, wanita berusia 46 tahun yang dikenal jago melukis dan bermain piano ini.

Puti menyebut salah satu target kerja di bidang ini adalah penciptaan seribu startup unggulan. Bersama Gus Ipul, Puti membikin kriteria ”unggulan”. Di antaranya dari indikator omzet, penyebaran penggunaan jasa/barangnya, dampak sosial-ekonominya ke masyarakat, dan sebagainya.

”Jadi teman-teman yang selama ini bergelut di creative economy, tidak usah galau. Kami kerja kolaboratif bikin Jatim jadi jantungnya ekonomi kreatif Indonesia,” papar Puti yang tampil modis mengenakan kaus hasil kreasi anak-anak muda Surabaya.

Puti menambahkan pentingnya penguatan SDM sektor kreatif. Untuk itu, dia menyiapkan program beasiswa di mana anak-anak muda dari Jatim bakal dikirimkan ke pusat perfilman dunia, permusikan, teknologi informasi, seni pertunjukan, dan sejenisnya.

Gus Ipul-Mbak Puti juga menyiapkan program beasiswa di mana anak-anak muda dari Jatim bakal dikirimkan ke pusat perfilman dunia dan lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News