Putih Sari Gerindra Desak Pemerintah Segera Bentuk Satgas Virus Corona

Putih Sari Gerindra Desak Pemerintah Segera Bentuk Satgas Virus Corona
Anggota Komisi IX DPR Putih Sari. Foto: Dok. DPR

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari ikut mengingatkan pemerintah menetapkan langkah konkret dalam penanganan virus Corona yang jumlah penderitanya di Tanah Air terus meningkat. Mulai alokasi anggaran, sistem, sumber daya, dan integrasi kelembagaan baik pemerintah maupun non-pemerintah.

"Anggaran jangan hanya untuk dampak ekonomi, tetapi alokasi anggaran untuk kesehatan harus mulai dirumuskan," kata Putih Sari dalam siaran persnya, Kamis (12/3).

Politikus Gerindra mengatakan, upaya promotif preventif tidak hanya untuk kasus Corona, tetapi juga bisa mencegah penyakit-penyakit lain yang saat ini tidak kalah mengancam dari virus tersebut, yaitu DBD dan TBC.

Selain itu, dia juga mendorong pemerintah untuk belajar dari negara lain atas penemuan kasusnya seperti yang dilakukan Korea Selatan, yang sudah memeriksakan 220.000 orang di wilayah terdampak dan terbukti sebanyak 7.000 orang positif corona.

"Indonesia harus melakukan hal yang sama, jangan justru merumahkan mereka yang diduga berkontak dengan suspect corona," tegasnya.

Selain itu, legislator asal Jawa Barat ini ikut mendorong pemerintah segera membentuk satuan tugas (satgas) penanganan virus Corona. Hal itu penting agar kerja menangani virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut lebih terkoordinasi, terpadu, dan terintegrasi.

Putih mengusulkan agar pembentukan Satgas Corona sekurang-kurangnya terdiri dari tiga sub satgas, yaitu upaya pengobatan, upaya pencegahan (promotif-preventif), dan upaya penemuan kasus corona (active case finding). (fat/jpnn)

Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari ikut mengingatkan pemerintah menetapkan langkah konkret dalam penanganan virus Corona yang jumlah penderitanya di Tanah Air terus meningkat


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News