Putin jadi Presiden Rusia Lagi

Kembali Tukar Peran, Medvedev Jadi PM

Putin jadi Presiden Rusia Lagi
Putin jadi Presiden Rusia Lagi
MOSKOW - Pemilihan presiden Rusia memang baru akan dihelat Maret mendatang. Tetapi, pemenangnya sudah bisa ditebak sejak kemarin, yakni Vladimir Putin. Itu dipastikan setelah incumbent Presiden Dmitry Medvedev resmi meminang mentor politiknya yang saat ini menduduki kursi perdana menteri tersebut agar kembali menjadi kepala negara dengan wilayah daratan terluas di dunia itu.  

Putin mengiyakan pinangan tersebut. Dengan dukungan 43 persen pemilih seperti tergambar dalam survei terbaru lembaga riset independen terkemuka di Rusia, VTsIOM, hanya keajaiban yang bisa menjegal langkah pria 59 tahun itu menjadi presiden.

"Sudah seharusnya kongres mendukung pencalonan ketua partai (Rusia Bersatu) sebagai presiden," ujar Medvedev di hadapan Kongres Rusia yang didominasi Partai Rusia Bersatu di Moskow kemarin (24/9) seperti dikutip AFP.

Sebelum Medvedev ditunjuk langsung oleh Putin untuk menggantikannya sebagai presiden pada 2008, Putin dua periode menjadi Rusia 1, menggantikan Boris Yeltsin. Dengan kata lain, mereka bertukar peran: Medvedev yang semula deputi perdana menteri pertama menjabat presiden, sedangkan Putin ganti menjadi perdana menteri setelah lengser dari kursi kepala negara.

MOSKOW - Pemilihan presiden Rusia memang baru akan dihelat Maret mendatang. Tetapi, pemenangnya sudah bisa ditebak sejak kemarin, yakni Vladimir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News