Presiden Saleh Pulang, Yaman Kian Panas

Presiden Saleh Pulang, Yaman Kian Panas
Presiden Saleh Pulang, Yaman Kian Panas
SANAA - Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh, secara mengejutkan, muncul di depan publik. Televisi pemerintah memberitakan, Saleh yang sejak tiga bulan lalu dirawat di Arab Saudi akibat upaya pembunuhan di rumahnya, pulang ke Sanaa.

Dia terbang dari Arab Saudi dan tiba di bandara ibu kota Yaman, sekitar pukul 05.00 waktu setempat. Presiden 69 tahun, yang menghadapi demonstrasi anti pemerintah sejak Januari lalu itu dirawat di rumah sakit Riyadh sejak 4 Juni, sehari setelah mengalami cedera serius akibat ledakan bom di halaman rumahnya.

Belum jelas apakah kepulangannya untuk mengabulkan sejumlah tuntutan demonstran agar dirinya mundur atau menegaskan kembali kekuasaannya di tengah bangsanya yang mulai terpecah.

Namun, beberapa kalangan yakin, kepulangan Saleh justru akan memperpanas perang sipil yang tengah terjadi. "Kita akan menghadapi meningkatnya eskalasi kekerasan. Tapi biarlah dia pulang. Kami ingin dia kembali untuk diadili atas kejahatannya," ujar Koordinatir Aksi Anti Pemerintah di Lapangan Perubahan, Sanaa, Mohammed al-Asl seperti dikutip BBC.     

SANAA - Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh, secara mengejutkan, muncul di depan publik. Televisi pemerintah memberitakan, Saleh yang sejak tiga bulan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News