Putra Aceh Indra Iskandar Dorong Peningkatan Nilai Ekonomi Kopi

Putra Aceh Indra Iskandar Dorong Peningkatan Nilai Ekonomi Kopi
Putra Aceh Indra Iskandar (kanan) yang kini menjabat Sekjen DPR RI saat menghadiri undangan pada puncak peringatan 'Desember Kopi Kuyun Lues Belang Festival 2021' di Kampung Kuyun Kecamatan Celala, Aceh Tengah, Sabtu (18/12/2021). Foto: Humas DPR

jpnn.com, BANDA ACEH - Putra Aceh Indra Iskandar mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat Aceh melalui budi daya dan pemanfaatan kopi.

Hal tersebut disampaikan Indra Iskandar saat menghadiri undangan puncak peringatan 'Desember Kopi Kuyun Lues Belang Festival 2021' di Kampung Kuyun Kecamatan Celala, Aceh Tengah, Sabtu (18/12/2021) lalu.

Indra menjelaskan kopi bukan saja sebagai komoditi perkebunan dan perdagangan, melainkan juga menjadi komoditi pariwisata.

Oleh karena itu, menurut Indra, pemerintah pusat dan daerah perlu memfasilitasi untuk meningkatkan nilai tambah bagi petani kopi.

“Harus terus dievaluasi dari hulu ke hilir bagaimana pemerintah pusat dan Pemprov memfasilitasi mulai dari upaya peningkatan produksi sampai membuka pasar yang mempunyai nilai tambah petani," kata Indra kepada wartawan, Senin (20/12/2021).

Jika diperlukan, sambung Indra, pemerintah bisa menjadi menjadi mediator pada pasar internasional sehingga tidak ada lagi pengijon.

Seperti diketahui, Indra Iskandar adalah salah satu putra Aceh yang sukses di kancah nasional.

Meniti karier sebagai abdi negara, dia kini menjabat Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Sekjen DPR RI).

Putra Aceh Indra Iskandar mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat Aceh melalui budi daya dan pemanfaatan kopi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News